7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat Yang Bisa Kamu Ndaki

Exploregunung – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki alam dan pemandangan yang indah untuk dikunjungi. Bentang alam yang dimiliki Jawa Barat begitu beragam. Terutama pegunungan yang merupakan bagian dari busur kepulauan gunung api aktif dan tidak aktif (Ring Of Fire) yang membentang dari ujung utara Pulau Sumatra hingga ujung utara Pulau Sulawesi.

Dalam dunia pendakian tentu kita sudah tak asing lagi dengan istilah Seven Summits, yang artinya tujuh puncak tertinggi. Tentunya kali ini saya akan membahas tujuh puncak tertinggi di Jawa Barat. Berikut adalah daftar tujuh puncak tertinggi di Jawa Barat :

1. Gunung Ciremei di Kuningan, Cirebon dan Majalengka = 3.078 MDPL

Gunung Ciremei secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Posisi geografis puncaknya terletak pada 6° 53′ 30″ LS dan 108° 24′ 00″ BT, dengan ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet. Kini Gunung Ciremei termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare. Gunung ini dapat didaki melalui tiga jalur pendakian, antara lain Jalur Linggarjati, Jalur Palutungan yang berada di Kabupaten Kuningan, serta Jalur Apuy dari Kabupaten Majalengka. Silahkan lihat disini.

2. Gunung Pangrango di Bogor, Cianjur dan Sukabumi = 3.019 MDPL

via autumn-ind.blogspot.co.id
via autumn-ind.blogspot.co.id

Gunung Pangrango terletak diantara 3 kabupaten di Jawa Barat, yaitu Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3019 mdpl yang merupakan gunung tertinggi ke 2 di Jawa Barat. Gunung Pangrango berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, letaknya bersebelahan persis dengan Gunung Gede.

Jalur pendakian gunung ini sama dengan Gunung Gede, yaitu melalui daerah Cibodas, Cianjur. Bisa juga melalui Jalur Desa Gunung Putri (Cianjur) atau Jalur Selabintana (Sukabumi) namun jalur ini membutuhkan waktu tempuh yang lebih jauh karena melewari Gunung Gede terlebih dahulu. Silahkan lihat disini.

3. Gunung Gede di Bogor, Cianjur dan Sukabumi = 2.958 MDPL MDPL

via gizanherbal.wordpress.com
via gizanherbal.wordpress.com

Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 mdpl dan masuk ke dalam gunung tertinggi ke 3 di Jawa Barat. Gunung ini masih satu kompleks taman nasional dengan Gunung Pangrango. Gunung Gede merupakan gunung favorit para pendaki karena letaknya yang strategis diantara dua kota besar yaitu Jakarta dan Bandung. Gunung ini juga merupakan gunung favorit para pendaki. Namun sayang, makin banyak pengunjung makin terlihat kerusakan yang terjadi disana. Jalur pendakian gunung ini bisa dilakukan dari beberapa pintu masuk Taman Nasional. Antara lain Jalur Cibodas (Cianjur), Jalur Cipanas Gunung Putri (Cianjur), Jalur Selabintana (Sukabumi). Jalur paling ramai pendaki adalah Cibodas dan Gunung Putri. Sementara Jalur Selabintana sepi dikarenakan trek yang panjang dan curam. silahkan cek disini ya.

4. Gunung Cikuray di Garut = 2.818 MDPL

Menikmati sunrise cikuray via www.telusurindonesia.com
Menikmati sunrise cikuray via www.telusurindonesia.com

Gunung yang terletak di Kabupaten Garut ini memiliki ketinggian 2.818 Mdpl. Untuk mencapai gunung ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Walaupun jaraknya tidak terlalu jauh dari kota-kota besar, tetapi terbatasnya transportasi yang bisa mengantarkan ke titik pendakian membuat biaya menjadi membengkak. Oleh karena itu menyewa mobil atau menggunakan jasa ojek merupakan pilihan yang paling bijak.

Untuk mencapai gunung ini dapat dicapai melalui Kota Garut, Perjalanan dilanjutkan menuju ke titik awal pendakian berupa stasiun pemancar TV.Untuk menuju tempat ini, para pendaki bisa melalui Desa Babakan Loak lalu mengarah ke Desa Cisumur, berlanjut ke Desa Mekarsari, dan sampai di titik awal pendakian stasiun pemancar TV.

Jika ingin memakai kendaraan umum, kita bisa memakai angkutan kota yang menuju Kecamatan Cilawu, lalu turun di daerah Sukamulya atau Cigarungsang. Setelah turun di daerah ini, kita akan menemukan sebuah Pos yang dimiliki oleh perkebunan. Untuk administrasi, kita diwajibkan untuk mengisi buku tamu dan membayar sebesar 2000 rupiah per orang.

5. Gunung Papandayan di Garut = 2.665 MDPL MDPL

Masih di Kabupaten Garut, Gunung Papandayan yang terletak di Kecamatan Cisurupan dengan ketinggian 2.665 Mdpl merupakan salah satu gunung terfavorit bagi kalangan pendaki. Gunung ini memiliki empat buah kawah besar sebelum letusan yang terjadi pada tahun 2002. Setelah letusan terjadi, ke empat kawah tersebut bergabung menjadi sebuah kawah yang cukup besar dan bisa kita liat dari kejauhan.

Jalur untuk mencapai gunung ini tidak terlalu berat, karena sudah ada jalan aspal yang mulus dari bawah hingga ke dekat kawah gunung. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, bisa memarkir kendaraannya di tempat parkir yang cukup luas dan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 5 menit.

Bagi para pendaki gunung yang ingin melanjutkan dengan berjalan kaki, bisa melakukan trekking dari alun-alun Pondok Salada hingga kepuncak gunung hingga sampai kepuncak waktu yang ditempuh dengan trekking kurang lebih 6 jam lamanya. Untuk masuk ke kawasan ini hanya dikenakan retribusi sebesar 3000 rupiah.

6. Gunung Patuha di Bandung = 2.386 MDPL

via jejakumurku.blogspot.co
via jejakumurku.blogspot.co

Nama gunung yang satu ini mungkin kurang populer dibandingkan dengan Gunung Tangkubanperahu. Tapi apabila kita menyebut Kawah Putih, semua orang pasti mengetahuinya. Kawah Putih merupakan sebuah kawah akibat dari letusan Gunung Patuha yang memilki ketinggian 2.386 Mdpl.

Yang unik dari kawah ini adalah warnanya yang selalu berubah-ubah, terkadang hijau apel kebiru-biruan, terkadang warnanya berubah menjadi coklat susu. Tidak hanya itu, yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah dominasi warna putih pada pasir dan bebatuan, jadi tidak heran tempat ini dinamakan Kawah Putih.

Untuk menuju lokasi danau Kawah Putih, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dari arah Bandung. Setelah memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang cukup luas, kita bisa melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 7 km dari objek wisata Punceuling melewati jalan setapak yang dikelilingi hutan alam yang masih asri.

7. Gunung Malabar di Bandung = 2,343 MDPL

via www.travelonfoto.com
via www.travelonfoto.com

Gunung Malabar merupakan sebuah gunung api yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung dengan titik tertinggi 2,343 meter di atas permukaan laut. Malabar merupakan salah satu puncak yang dimiliki Pegunungan Malabar. Beberapa puncak yang lain adalah Puncak Mega, Puncak Puntang, dan Puncak Haruman.

Gunung Malabar mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montana, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung Malabar identik dengan perkebunan teh yang didirikan oleh Bosscha.

Referensi
Google: gunung jawa barat
Kaskus.com
sukumuter.blogspot.co.id

Komentar Facebook