informasi [klik]Info status buka dan tutup gunung terupdate 2018

Ada Cerita Mistis di Balik Hilangnya Pendaki di Gunung Raung

Exploregunung.net, Banyuwangi – Ada cerita mistis sebelum Zaki Putra Andika menghilang saat mendaki Gunung Raung. Cerita ini dituturkan Muhammad Solahudin Qoyyim, teman Zaki yang terakhir kali berjalan bersama Zaki.

Solahudin mendapatkan perawatan di base camp (Foto: Ardian Fanani)

“Zaki mengaku bermimpi dan melihat perkampungan di atas puncak Raung,” ujar Solahudin kepada detikcom di base camp, di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Sabtu (3/2/2018).

Baca juga: Pendaki Gunung Raung yang Hilang Ditemukan di Puncak Tusuk Gigi

Solahudin mengatakan, saat itu keduanya sedang beristirahat. Zaki bercerita sempat bermimpi melihat perkampungan di sekitar Gunung Raung. Karena bekal sudah tak ada, Zaki berharap adanya perkampungan itu bisa menolong keduanya.

“Dia ngotot jalan terus. Katanya ada perkampungan jika belok ke kiri. Kayak ada mistis di sana,” kata Solahudin.

Saat berada di atas Gunung Agung, Solahudin dan Zaki sempat berlindung di gua yang ada di Bawah Puncak Tusuk Gigi. Saat itu, diakui Solahudin, Zaki mengalami kedinginan hebat (Hipotermia). Dirinya hanya bisa memeluk untuk menghangatkan suhu badan Zaki.

“Kondisinya sudah menggigil. Saya peluk saja dia. Saat itu kami beristirahat dua kali. Gua di atas dan gua yang ada di bawah,” tandasnya. (Detikcom/Exploregunung)

Komentar Facebook