Aksa 7: Mengenal Kehidupan Indonesia Lewat Ekspedisi 7 Puncak Gunung Tertinggi

Aksa 7 Photo: wujudkan.com

Exploregunung – Aksa 7 ARTspedition, merupakan sekelompok anak muda pekerja film dan aktivis lingkungan yang memiliki semangat dan kecintaan terhadap Indonesia dan sumber dayanya.

  • Visi : Mengenalkan alam dan budaya Indonesia lewat media film.
  • Misi : Sebagai salah satu kelompok pencinta alam dan pekerja seni dengan semangat bangga ber-INDONESIA yang akan mengenalkan Indonesia lewat sebuah film dokumenter bertemakan gunung sebagai sumber kehidupan.
  • Latar Belakang

Sebuah rasa gelisah, sebuah proses alami dan pencapaian mimpi, serta berusaha mencari karakter dan pembentukan diri dalam ruang semesta, pencarian bentuk baru dalam sebuah proses pembuatan film. Aksa 7 dibentuk dengan kekuatan hati, integritas yang tinggi untuk mencapai mimpi nya, mencapai sebuah keinginan untuk kembali ke hasanah kebudayaan, dengan rasa nasionalis yang tinggi atas semesta, atas bumi yang dipijak nya, dan atas kecintaan terhadap apa yang bisa mereka berikan untuk sebuah Negara yang mereka cintai, INDONESIA.

Kami hanya punya satu keyakinan bahwa ideologi kebersamaan dapat dicapai dengan tujuan yang sama disertai rasa “kecintaan” kami akan alam ini (Indonesia), kami mencintai prosesnya dan kami punya tujuan yang sama. ”Kami berbangsa satu bangsa Indonesia, inilah sumpah kami, sumpah pemuda dan kami memiliki kepercayaan bahwa untuk menjadi negara kesatuan Republik Indonesia, bangsa ini harus bersatu untuk kepentingan bersama bukan kepentingan diri sendiri”

  • Film Dokumenter

“ Dokumenter harusnya dibuat dengan hati dan bukan hanya dengan pikiran kita saja. Film dokumenter ada untuk mengubah cara kita merasakan sesuatu.“

-Michael Rabinger-

Film merupakan media yang tepat dan mudah dimengerti, untuk memberikan informasi serta pesan kepada masyarakat.

  • Ekspedisi

“Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahi dan jangan pernah takut melangkah, hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya”

-Soe Hok Gie-

Ekspedisi akan menjelajahi Nusantara dengan melakukan proses aktualisasinya dimana kami akan mencari arti kehidupan dari berbagai sudut pandang, lewat sebuah perjalanan (perjalanan darat, laut dan udara). Kami berproses untuk mencari arti kehidupan dan menumbuhkan rasa cinta dengan mengenal bumi yang dipijaknya INDONESIA

“ If you can change your mind you can change your life “

– William James-

  • 7 Gunung

Tujuh gunung yang akan didaki ini merupakan 7 gunung yang mewakili wilayah administratif di Indonesia, sebagai yang tertinggi di wilayahnya masing-masing.

Bagi negara yang memiliki lebih dari 100 gunung ini, setiap gunung telah menghidupi masyarakatnya entah berapa lama sudah, dari generasi ke generasi, menyediakan segala sumber dayanya untuk dimanfaatkan.

Perjalanan yang seluruhnya direkam oleh setiap pendaki ini dapat digunakan untuk mengingatkan, menginformasikan, dan mempromosikan gunung-gunung yang ada di Indonesia kepada dunia.

Gunung-gunung tersebut yaitu :

  1. Gunung Kerinci (Pulau Sumatera)
  2. Gunung Semeru (Pulau Jawa)
  3. Gunung Rinjani (Pulau Lombok)
  4. Gunung Raya / Bukit Raya (Pulau Kalimantan)
  5. Gunung Latimojong (Pulau Sulawesi)
  6. Gunung Binaiya (Pulau Seram -Maluku)
  7. Puncak Jaya / Carstenzs Pyramid (Papua)

“ If you can change your mind you can change your life “

– William James-

  • Waktu Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan :

  1. Kerinci : (akhir) November – (awal) Desember 2014
  2. Semeru : Desember 2014
  3. Rinjani : Desember 2014
  4. Bukit Raya : Januari 2015
  5. Latimojong : (akhir) Januari – (awal) Februari 2015
  6. Binaiya : Februari 2015
  7. Carstenzs : (akhir) Februari – Maret 2015

Sebagai informasi, sampai saat ini (30 Desember 2014) kami sudah merampungkan tiga dari 7 perjalanan yang kami rencanakan, yaitu Gunung Kerinci, Gunung Semeru dan Gunung Rinjani.

  • Kreator

  • Ekspeditor Tamu

Selain menyuguhkan visual alam Indonesia, Tim Aksa juga akan menyuguhkan kearifan lokal dari setiap daerah tempat gunung yang kami tuju. Selain itu kami juga akan menghadirkan beberapa bintang tamu yang akan memberikan pengalaman berbeda di setiap gunungnya, mulai dari selebriti, Pendaki Cilik, serta mentor yang sudah sangat ahli di bidang pendakian.

Tim aksa 7 menyatukan semangat untuk meraih satu tujuan dan cita yaitu Bhineka Tunggal Ika, walaupun kami berbeda tapi kami tetap satu.

Jika terlaksana sesuai rencana maka film dokumenter ini akan rilis pada Oktober 2015, untuk memperingati hari Sumpah Pemuda.

Berikut adalah video teaser dari perjalanan simulasi kami di Gunung Raung, Jawa Timur :

(Sumber : Wujudkan.com)

Komentar Facebook