in

Apa Yang Kamu Perlukan Untuk Menjadi Seorang Pendaki

Gunung Lawu l via Widya Kharisma

Exploregunung – Mendaki gunung atau mountaineering merupakan kegiatan yang sangat populer dewasa ini, jika dahulu hanya beberapa orang saja yang mampu menggapai puncak-puncak gunung tertinggi, sekarang banyak orang mampu melakukannya. Lalu apa yang kamu perlukan untuk menjadi seorang pendaki? Terdapat beberapa tips mengenai pendakian yang bisa kamu ikuti bahkan jika kamu hanya menganggap pendakian hanya sebagai hobi. Mountaineering atau pendakian dapat dideskripsikan sebagai hobi khusus yang masuk dalam kategori olahraga ekstrem. Aktivitas ini sangat populer, dan banyak orang melakukan mountaineering hampir di seluruh gunung yang ada di dunia. Terdapat beberapa tips yang mesti diikuti dalam pendakian, hal tersebut selain untuk keamanan juga agar perjalanan pendakian dapat berjalan dengan luar biasa dan mengesankan.

Keamanan

Prioritas pertama jika ingin mendaki gunung adalah keamanan. Mendaki gunung membutuhkan ketahanan fisik dan mental yang kuat. Pada saat proses pendakian, biasanya pendaki akan dihadapkan masalah-masalah yang hanya bisa dihadapi oleh dirinya sendiri. Mendaki gunung membutuhkan determinasi, keahlian, kekuatan, ketahanan dan peralatan esensial dalam mendaki gunung. Membutuhkan kesabaran dan keberanian untuk mencapai puncak gunung.

Mountaineering sangat populer di kalangan para remaja dan setelah beberapa perjalanan pendakian mereka akan menjadi ahli dan terbiasa dengan mendaki gunung. Kita bisa melihat banyak perempuan muda yang melakukan perjalanan pendakian, dan beberapa perempuan berhasil mencapai puncak tertinggi di dunia.

Bagi siapapun yang ingin mendaki sebuah gunung, latihan ketahanan tubuh di gym sangat baik tentunya. Selain itu latihan panjat tebing secara indoor sangat baik dan bisa menjadi media pembelajaran yang tepat. Rope climbing atau mendaki dengan tali sangat vital dalam proses pendakian gunung, terdapat berbagai macam permukaan gunung yang berbeda-beda dan mengetahui teknik-teknik dalam rope climbing penting adanya. Risiko utama yang berkaitan dengan mendaki gunung adalah tergelincir dan akhirnya kehilangan nyawa.

Konsentrasi

Faktor penting lainnya dalam mendaki gunung adalah konsentrasi, hal ini menentukan keberhasilan pendakian, dan akibat tidak konsentrasi beberapa pendaki mengalami kematian. Sebelum melakukan perjalanan mendaki, climber harus melakukan banyak latihan, membaca banyak buku dan jurnal berbeda tentang mountaineering, hal tersebut sangat penting untuk mencari tahu berbagai informasi tentang gunung yang akan dihadapi. Lakukan latihan-latihan pernapasan untuk melatih daya konsentrasi, pejamkan mata, hirup udara dan keluarkan perlahan-lahan. Lakukan latihan tersebut disertai dengan latihan fisik setiap harinya.

Perlengkapan yang Tepat

Sepatu khusus mendaki sangat dibutuhkan untuk memproteksi kaki dari benturan benda tajam dan juga menghasilkan cengkeraman kuat pada permukaan gunung yang kasar. Sepatu khusus ini mempunyai desain diatas mata kaki dan mempunyai isi dan dasar sepatu tambahan. Sepatu seperti ini cukup kuat dan kokoh dalam memijak permukaan gunung yang kasar dan mampu bertahan bahkan pada saat cuaca memburuk. Sepatu khusus mendaki membuat pijakan menjadi nyaman dan meminimalisir adanya gesekan pada batu. Hal ini sangat penting karena kehilangan cengkeraman pada permukaan membuat pendaki bisa saja tergelincir. Sepatu khusus mendaki biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan dibuat dengan elemen-elemen yang kokoh, sehingga sepeatu bisa bertahan di segala kondisi.

Pakaian yang tepat juga dibutuhkan agar perjalanan mendaki bisa nyaman dan efisien. Hal ini juga tergantung dari medan dan cuaca yang akan dihadapi pada saat pendakian. Pada kondisi cuaca sulit dan dingin, pendaki membutuhkan cukup banyak pakaian untuk menghindari gigitan serangga dan hal-hal lainnya. Sedangkan pada cuaca panas, bawalah pakaian seminimal mungkin dan bawalah pakaian yang paling penting.

Baca Juga:
Tips Untuk Para Wanita yang Ingin Mendaki Gunung
Tips Dan Saran Sebelum Mendaki Gunung

Perlengkapan teknis lainnya yang sangat penting dan tanpa perlengkapan ini pendaki akan kesulitan dalam mendaki yaitu tali. Tali sangat diperlukan terutama untuk menggantungkan badan di permukaan yang tinggi dan curam. Terdapat berbagai macam tali, salah satunya adalah tali yang terbuat dari nilon. Pendaki juga membutuhkan penerangan dan bisa membawa helm yang mempunyai lampu ataupun senter, terutama jika perjalanan dilakukan pada malam hari atau pada saat kondisi berkabut. Dan jangan lupakan pula syal, penutup kepala, dan hal-hal lainnya yang membuat badan menjadi hangat. Baca disini Perlengkapan dan Perbekalan Pendakian.

Tips dan Tata Cara Rock Climbing (Panjat Tebing)

Makna Gunung dalam Teori Feng Shui