Daftar Obat-obatan yang dibawa Saat Mendaki

Hiker in Himalaya mountains

Exploregunung – Mendaki gunung adalah hobi sebagian orang dan membutuhkan badan yang sehat serta mental yang kuat. Saat mendaki terkadang juga ada beberapa penyakit yang menyerang. atau anda memilih mendaki gunung ketika anda sakit.

Jangan sampai kegiatan berpetualang anda berubah menjadi bencana karena kondisi fisik yang sakit. Berikut ini adalah obat – obatan dan bahan – bahan yang sebaiknya anda bawa ketika melakukan pendakian. Nah Artikel kali ini Exploregunung akan membagikan “Daftar Obat-obatan yang dibawa saat mendaki gunung” simak baik-baik guys.

Obat-obatan Alami

  1. Minyak Tanah. Fungsi untuk mengatasi udara dingin dan pegel serta capek-capek. Dioleskan ke ujung2 bagian tubuh. Pakailah minyak tanah yang telah dipanaskan. Atau bisa juga dioles sambil dipanaskan di dekat api/bara. Bisa juga diminum beberapa tetes. Minyak tanah harus dimurnikan dengan suhu 100-140 derajat, baru bisa diminum. Minyak tanah tidak seperti balsem yang akan membuat kulit terasa dingin jika terkena air atau udara luar. Apabila jatuh dalam perjalanan mendaki gunung kemudian terluka atau memar, minyak tanah sangat bagus untuk mengatasi masalah tersebut. Selain sebagai obat, bisa juga berfungsi sebagai alat bantu untuk membuat perapian.
  2. Madu murni. Madu merupakan sumber energi yang bagus untuk kesehatan dan stamina, bisa cepat memulihkan suhu tubuh terutama suhu ekstrim di pegunungan. Bisa diminum langsung, dicampur dengan teh, kopi, susu, atau langsung dioles ke roti. Terasa nikmat sekali menjemput sunrise di puncak gunung sambil nge-teh campur madu. Madu yang asli akan membuat tubuh lebih hangat, bahkan minum 3 sendok cukup membuat perut terasa panas, namun nyaman.Selain sebagai penyuplai energi, madu juga baik untuk luka bakar ringan, cukup dioleskan ke area yang terluka. Pasalnya, madu dapat melawan infeksi karena mengandung hydrogen peroksida. Kandungan tersebut menyerap semua kotoran dan cairan dari luka. Setelah diserap, madu menghentikan pertumbuhan mikro organisme dan bakteri akibat infeksi. Selain itu, madu juga dapat mengurangi rasa sakit karena memiliki kandungan anti-inflamasi.
  3. Gula aren / Gula merah / Gula kelapa / Gula jawa. Selain madu, Gula kelapa atau biasa orang menyebut Gula jawa, sangat cepat untuk memulihkan stamina. Bisa dimakan langsung atau dibuat minuman. Yang paling bagus adalah yang merupakan olahan dari pohon Aren, karena mengandung kalori yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk menyuplai kebutuhan kalori selama pendakian.
  4. Jelly / Agar-agar /Nata. Agar-agar / nata sangat bagus untuk pencernaan. Ketika dalam kegiatan outdoor seperti melakukan pendakian gunung, seringkali kita makan tidak teratur dengan kadar serat yang rendah karena terlalu sering makan mie, hal ini harus diimbangi dengan makanan berserat, salah satunya agar-agar.
  5. Garam Dapur. Selain berfungsi untuk pengaman dari binatang pengganggu (ular, serangga berbisa dll), garam juga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah. Masak air dengan garam, kemudian rendam kaki atau tangan ke dalam air garam.Manfaat lain adalah mengatasi biduran, cukup dilarutkan dalam air hangat (jangan air dingin) dan oleskan ke area biduran.Obat luka. Bisa dilarutkan dengan air panas, lalu dioleskan. Perih??? Tidak seperih jika dilarutkan dengan air dngin.
  6. Sayur dan Buah-buahan. Bawa buah dan sayur yang tidak mudah layu serta enak dibawa, seperti kol dan wortel Bisa juga membawa sayuran kaleng, namun saya tidak sarankan. Untuk buah, kita bisa membawa klengkeng dan pear. Kedua buah tersebut banyak mengandung air dan awet.

Obat-Obatan Kimia

  1. Obat Demam. Demam bisa datang pada saat Anda terlalu lelah atau kurang istirahat. Biasanya, menyerang pada saat malam hari. Jangan sampai Anda kerepotan mencari obat demam pada tengah malam. Masukkan obat ini ke dalam daftar wajib bawaan Anda.
  2. Obat Sakit Kepala. Berada di luar ruangan seharian tentu akan membuat stamina tubuh menurun. Apalagi daerah tujuan petualangan Anda adalah tempat yang panas. Sakit kepala pun tidak terhindarkan. Selain panas, pusing juga bisa disebabkan karena mabuk perjalanan. Sediakan obat ini untuk berjaga – jaga saat kepala mulai tidak bersahabat.
  3. Obat Maag. maag itu apa sih? maag itu keadaan dimana isi lambung kosong (lambung melakukan pengosongan lambung buat disalurin ke usus) dan kondisi asam lambung meningkat. respon ini diterima tubuh jadinya nyeri dan sakit di perut. kalau sampe gejala maag yang ulu hati sakit banget dan muntah, itu karen asam lambungnya udah naik ke atas.
  4. Jamu Masuk Angin. Masuk angin adalah penyakit klasik yang semua orang pernah alami. Rasanya tidak enak, mual dan pusing. Anda pun tidak bisa melakukan apa – apa saat sedang terkena masuk angin. Penyakit ini biasanya disebabkan karena terkena angin terlalu lama, perut yang kosong dan kondisi badan yang sedang menurun. Beberapa merk jamu sudah membuat jamu masuk angin yang mudah untuk dibawa. Ada yang cair, bubuk, bahkan permen. Jamu masuk angin pun sudah mudah ditemui di toko obat atau supermarket.
  5. Obat Sakit Perut. Sakit perut bisa timbul karena salah makan, telat makan, dan penyakit maag. Jika Anda tidak terbiasa makan terlalu pedas atau terlalu asam, perut pun akan bergejolak. Akibatnya, perut akan mulas, maag kambuh atau bahkan diare. Jangan sampai Anda tersiksa terlalu lama karena tidak punya obat sakit perut. Selalu bawa obat perut saat Anda berpetualang. Masukkan di dalam tas dan Anda pun bisa berkegiatan dengan aman.
  6. Obat Pegal Linu. Pegal linu membuat seseorang tidak nyaman beraktivitas sehari-hari. Pegal linu bisa menyerang daerah leher, punggung, lengan, kaki, serta pundak yang membuat tubuh merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari.Pegal linu bisa disebabkan oleh otot tegang karena pekerjaan yang terlalu berat. Atau bisa juga karena gerakan atau posisi yang menyebabkan otot tertarik. Selain itu, rasa tak nyaman ini juga dipicu jika seseorang duduk terlalu lama, kurang olahraga, salah posisi dalam beraktivitas, serta akibat emosi.
  7. Obat Alergi. Alergi merupakan bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak. Ini bisa berupa substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh.
  8. Obat Diare. Diare bisa terjadi kapanpun dan juga dapat menyerang siapa saja. Oleh karena itu anda harus mengetahui ciri-ciri diare dan juga cara penanganan yang tepat pada penderita diare. Diare selalu terjadi pada system pencernaan makanan. Buang air besar yang terus-menerus dengan ditandai kelebihan air dalam feses. Banyak hal yang bisa menyebabkan diare seperti virus, keracunan makanan dan masih banyak lainnya.
  9. Vitamin dan Madu. Agar tetap sehat, Anda memang perlu vitamin, terutama vitamin C. Saat ini, vitamin bisa dibeli dalam berbagai macam jenis. Ada vitamin hisap, cair dan tablet, tinggal pilih. Selain vitamin, salah satu pendukung kesehatan lainnya adalah madu. Madu bisa membantu menjaga kesehatan, juga bisa sebagai penahan lapar. Rasanya yang manis juga membuatnya bisa dicampur dengan susu atau teh. Jadi, Anda pun bisa sehat dalam cara yang menyenangkan, bukan?
  10. Plester dan Alkohol. Perjalanan backpacker atau mendaki gunung sama – sama memiliki risiko terluka. Terantuk batu atau tergores dahan bisa jadi salah satu kemungkinan Anda mendapat luka. Meski kecil, luka terbuka cukup berbahaya jika tidak segera diobati. Untuk pertolongan pertama, Anda bisa membasuh luka dengan alkohol 70 persen dan kemudian menutupnya dengan plester. Pastikan Anda tidak lupa membawa dua barang penting ini saat perjalanan petualangan.
  11. Obat Batuk. Mengalami batuk – batuk saat liburan tentunya sangat mengganggu, apalagi bila sobat suka minum minuman dingin. Minumlah obat batuk dan kurangi makan makanan berminyak selama anda masih mengalami batuk.
  12. Obat Flu. Selain minum obat flu untuk meredakannya, sebaiknya ketika anda bersin jangan menutup mulut langsung dengan tangan karena bakteri akan tetap menempel di tangan anda. Tutuplah mulut dengan tisu atau sapu tangan. Setelah itu segera cucu tagan dengan sabun.
  13. Minyak Gosok Atau Balsem. Lelah selama perjalanan membuat tubuh yang berjam – jam duduk dikendaraan akan membuat anggota tubuh menjadi pegal – pegal. Sesekali oleskan atau gosokkan minyak atau balsem penghilang rasa pegal pada anggota tubuh yang membutuhkan.
  14. Minyak Kayu Putih. Barang terakhir yang tidak kalah penting adalah kayu putih. Kegunaannya yang banyak membuat obat ini menjadi barang wajib bawa saat perjalanan. Kayu putih bisa menjadi penolong saat sedang kembung, udara dingin, terkena gigitan serangga dan obat saat mabuk perjalanan.

Jangan merasa kesulitan mencari obat ini semua guys. Cari di Apotik pastinya, atau di supermarket terdekat.

Semua kebutuhan di atas selain mudah dan ringan dibawa, bahan – bahan diatas merupakan obat – obatan dan barang kebutuhan sehari – hari yang kita gunakan. Semoga bermanfaat.,, Jika ada penambahan silahkan diinfo agar kita dapat saling berbagi.,, Salam Lestari.,,!!!

Salah satu perlengkapan pendakian yang wajib dibawa namun terkadang terlewatkan biasanya adalah obat-obatan. Walaupun terlihat sederhana, namun obat-obatan penting untuk dibawa pada saat melakukan perjalanan atau pendakian.

Mau tahu obat-obatan apa sajakah yang perlu dibawa pada saat perjalanan pendakian?
Untuk mengetahui lebih lanjut, dr. Ratih C. Sari, MH. Kes akan menjelaskannya di EIGER FIT Episode 4 kali ini.. Let’s check it out!

Sumber video: Eiger Youtube Channel

Artikel diatas dari berbagai sumber, dengan niat untuk berbagi untuk kebaikan bersama, Selamat Mendaki dan Keep Sefety!!

Komentar Facebook