Destinasi Terbaik di Dunia bagi Pendaki

ExploregunungMountaineering atau panjat gunung merupakan salah satu olahraga ataupun hobi terfavorit di dunia, dan aktivitas ini membutuhkan kemampuan mendaki yang baik disertai dengan pemahaman perlengkapan mendaki yang baik pula. Umat manusia, selama berabad-abad selalu menginginkan berada di puncak gunung, setinggi mungkin yang mereka bisa gapai. Banyak alasan yang melatarbelakangi manusia untuk selalu menginginkan puncak gunung, mungkin memang karena passion atau memang hanya ingin melihat pemandangan dari puncak gunung. Apapun alasannya, gunung selalu menjadi destinasi terbaik, selain menawarkan pemandangan yang indah juga menawarkan petualangan yang mengasyikan. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan destinasi terbaik di dunia bagi pendaki, dimana destinasi-destinasi tersebut menawarkan sejuta pesona dan petualangan kelas satu bagi para pendaki di seluruh dunia.

Gunung-gunung di dunia mempunyai berbagai aspek dan elemen yang berbeda untuk didaki. Beberapa gunung mungkin mempunyai medan hutan belantara sedangkan yang lainnya mungkin merupakan permukaan es glacier. Banyak dari para pendaki mungkin hanya mendaki gunung yang mereka mampu mendakinya, namun beberapa gunung di dunia menawarkan sejuta pesona, dan dapat menjadi destinasi terbaik di dunia bagi pendaki.

1. Everest

Puncak Gunung Everest tim dari Indonesia Wanadri

Destinasi terbaik pertama di dunia bagi pendaki yaitu tentunya gunung Everest yang membelah Nepal dan Tibet. Pada tahun 1865 sir George Everest berhasil menyelidiki gunung tertinggi ini, dan orang pertama yang berhasil mencapai puncaknya adalah sir Edmund Hillary. Dalam lingkup lokal yaitu Nepal, gunung Everest diketahui sebagai Sagarmantha yang berarti dewi langit dan di Tibet dinamakan Chomolungma yang berarti dewi alam semesta. Ketinggian gunung Everest sangat fenomenal yaitu 8,840 meter diatas permukaan laut (mdpl) dan membuatnya sebagai gunung tertinggi di atas permukaan laut. Jadi ketinggian mengerikan ini yang membuat para pendaki berbondong-bondong mencapai puncaknya.

Faktanya mendaki gunung Everest membutuhkan biaya yang sangat mahal dan sangat berbahaya terutama karena iklim yang tidak dapat diprediksi, jadi kebanyakan climber mengambil perjalanan pendek ke base camp Everest. Jadi jika kamu berencana untuk mendaki gunung Everest, pertimbangkan soal tingginya gunung, biaya yang mahal dan hal-hal lainnya yang hanya orang dengan tingkat ‘kegilaan’ tinggi yang mau melakukannya.

2. Kilimanjaro

Inka Mayumi Wangko (25) dan Jelita Tivany Karamoy (19) Dokumentasi Tim 7 Summit

Selain gunung Everest, gunung Kilimajaro di Tanzania merupakan destinasi terbaik bagi para pendaki. Nama gunung ini diambil dari dua suku kata yaitu ‘Kili’ yang berarti gunung dan ‘Manjaro’ yang berarti putih. Gunung Kilimanjaro mempunyai ketinggian 5,582 meter diatas permukaan laut, jadi gunung ini masih sangat-sangat menantang bagi para pendaki. Meskipun berbeda jauh dari gunung Everest, para pendaki diwajibkan melakukan berbagai latihan fisik sebelum mendaki. Dibandingkan dengan gunung Everest, biaya perjalanan mendaki gunung Kilimanjaro tidak terlalu mahal, dan faktor tersebut yang membuat banyak pendaki yang mencapai puncak Kilimajaro setiap tahunnya. Gunung Kilimanjaro selain menawarkan puncaknya yang luar biasa, juga menawarkan perjalanan khas safari Afrika.

3. Mont Blanc

Gunung Mont Blanc

Gunung terakhir dalam daftar destinasi terbaik di dunia bagi pendaki yaitu Mont Blanc atau yang berarti gunung putih. Mont Blanc merupakan gunung tertinggi diantara gunung-gunung di daerah Alpen, yang terletak diantara Prancis dan Itali. Mont Blanc mempunyai ketinggian 4,810 meter diatas permukaan laut. Mont Blanc selain populer untuk kegiatan pendakian juga populer sebagai lokasi diadakannya olah raga ski. Pendakian pertama pada puncaknya dilakukan pada tahun 1786 oleh Michael Paccard dan Jacques Balmat yang menginisiasi lahirnya olahraga mountaineering modern.

Itulah beberapa destinasi terbaik di dunia bagi pendaki, dan setiap gunung pastinya memberikan hal-hal baru, keunikan dan hal-hal mengagumkan. Beberapa gunung diatas mungkin sangat sulit untuk digapai puncaknya, namun pendaki bisa melakukan kegiatan pendakian normal tanpa harus mencapai puncak. Selain ketiga destinasi gunung terpopuler tersebut, masih banyak gunung lainnya yang menawarkan perjalanan luar biasa keatas puncak. Dan jika kamu berencana melakukan pendakian gunung, ketiga destinasi gunung tersebut bisa menjadi jawabannya, meskipun sulit untuk mencapai puncaknya namun setidaknya kamu melakukan perjalanan pendakian menyenangkan di ketiga gunung tersebut.

Baca juga: 7 Puncak Tertinggi di Indonesia/The Seven Summits of Indonesia

Komentar Facebook