Explore Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur

Exploregunung – Bagi anda pecinta alam yang suka tantangan, suka petualangan, suka mendaki gunung, melewati hutan belantara, satu obyek wisata berikut ini wajib anda jelajahi, yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, iya Taman Nasional ini seluas 800 kilometer persegi dan berada di provinsi Jawa Timur.

Lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berada di wilayah 4 kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Kawasan taman nasional ini menjadi kawasan gunung berapi terbesar diJawa Timur.

Adapun obyek wisatanya yang cukup banyak yang bisa anda kunjungi, simak berikut ini :

1. Desa Ngadas.

Ngadas adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Ngadas merupakan salah satu dari 36 desa Suku Tengger yang tersebar dalam empat kabupaten/kota, Terletak di tengah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Ngadas merupakan kantung (enclave) dari TNBTS dan berada di ketinggian mencapai 2200mdpl dengan luas area sekitar 395 hadengan topografi berbukit, kalo mau ke bromo akses dari malang pasti melewati desa yang indah ini, perbatasan malang lumajang dari desa ngadas.

img_4328

2. Bukit Teletubbies.

Untuk menuju lokasi ini biasanya pengunjung bromo sewa jeep hartop bromo dan menjadi 1 paket kunjungan dengan objek wisata di bromo lainnya.

Untuk mengunjungi lokasi bukit teletubbies, waktu terbaik adalah ketika memasuki musim semi atau pertengahan musim hujan antara januari – april karena pemandangan hijau padang rumput savana dan bukit teletubbies terlihat sempurna.

img_4329

3. Puncak B 29 ( bukit 2900 mdpl ) negeri di atas awan.

Puncak B29 Lumajang Desa Argosari Senduro merupakan salah satu tempat wisata di kawasan Wisata Gunung Bromo yang layak anda singgahi. Karena lokasi Puncak B29 Lumajang masih terdapat dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bukit 29 (B29) mempunyai ketinggian 3676 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang merupakan puncak tertinggi dikawasan pegunungan lereng Bromo Tengger. Letaknya tepat di sisi tenggara dari Wisata Gunung Bromotepatnya di desa Argosari, kec. Senduro sekitar 40 Km dari kota Lumajang.

4. Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Timur dan meliputi 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Bromo jadi tujuan wisata terkenal di Jawa Timur dan hampir tidak pernah sepi setiap harinya.

Statusnya yang masih aktif membuat Gunung Bromo jadi lebih menarik di mata wisatawan. Ketinggian Gunung Bromo 2.392 meter diatas permukaan laut dan memiliki bentuk tubuh bertautan diantara lembah dan ngarai dengan di kelilingi kaldera atau lautan pasir luas kurang lebih sekitar 5.300 hektar.

5. Bukit cinta dan bukit kingkong bromo

Pernahkah kalian mendengar kata-kata Bukit Kingkong dan Bukit Cinta? ??

di objekwisata gunung bromo terdapat banyak bukit yang tak jarang dijadikan tempat lokasi kunjungan. Mungkin karena wisata bromo identik dengan pegunungan,

sehingga terdapat banyak bukit tinggi dan tampak indah apabila dari lokasi tersebut dapat melihat sunrise bromo. Memang bukit cinta dan bukit kingkong di bromo di jadikan solusi alternatif wisatawan untuk melihat munculnya matahari terbit (bromo sunrise). Hal ini terjadi ketika mulai merambah ke musim liburan, weekend maupun hari besar lainnya dan minimnya sarana parkir di atas penanjakan 1.

bukit kingkong lebih tinggi dari bukit cinta, biasanya di gunakan tempat camp.

  

6. Pasir berbisik dan padang savana bromo

Wisata Bromo atau Bromo Tour memang tidak lepas dari keindahan alam yang begitu mempesona dan mengalihkan dunia, salah satunya Pasir Berbisik Bromo merupakan sebuah tempat menarik di kawasan gunung Bromo.

Pasir Berbisik Bromo adalah salah satu keunikan lain dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yaitu berupa padang pasir yang berada di ketinggian lebih dari 2000 mdpl, Pasir Berbisik Bromo itu sendiri sebenarnya ialah kaldera raksasa, bagian dari kawasan pegunungan tengger yang diameternya sekitar 8-10 Km. Jadi ketika anda berada di lautan pasir Bromo, sebenarnya anda sedang berada di area pegunungan tengger yang beberapa gunungnya masih sangat aktif salah satunya Bromo.

Savana Bromo atau di kenal dengan Padang Rumput Savana Bromo merupakan sebuah taman alam yang terletak di selatan Gunung Bromo, terletak pada sebuah lembah hijau yang di kelilingi tebing-tebing menjulang tinggi dan beberapa punggungan gunung kecil.

Padang Rumput Savana Bromo di sebut juga dengan nama Lembah Jemplang. Disana anda akan menemukan hamparan padang rumput yang luas berupa bukit – bukit menyerupai bukit rumput Teletubbies dalam film anak-anak. Menyaksikanpadang rumput savana bromo menghijau, seolah membuat lelah raga atau bisa juga melupakan kesibukan hari hari di tempat kerja.

7. Danau Ranu pani dan Danau ranu regulo

Ranu Pani adalah objek wisata berupa danau di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pani adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Semula luas Ranu Pani berkisar satu hektare lebih, namun kini diperkirakan tinggal 0,75 hektare akibat laju sedimentasi yang cepat di desa terakhir ini terdapat pos perijinan untuk pendakian semeru.

Sementara Bagi anda yang ingin sekedar camping dan menikmati sunyinya alam danau Ranu Regulo merupakan pilihan bagus buat anda karena tanpa capek treking dan bisa di capai berjalan kaki sekitar 15-20 menit dari ranu pani, biasanya di gunakan pendaki semeru untuk camp sementara yang kemalaman di pos perijinan.

8. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau air tawar yang berada dalam naungan pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Danau ini mempunyai luas area sekitar 15 hektar.

Bagi para pecinta alam dan backpacker, Ranu Kumbolo adalah tempat yang tidak asing lagi. Karena danau ini merupakan tempat transitbagi mereka yang akan melanjutkan perjalanan untuk mendaki puncak Mahameru di Gunung Semeru yang merupakan puncak tertinggi di pulau Jawa.

Dengan debit air yang tidak pernah kurang, ranu kumbolo senantiasa mendapat perhatian dari para pendaki untuk mendirikan tenda / camping di tempat ini.

Ada keunikan tersendiri dibalik indahnya ranu kumbolo, yaitu ketika matahari mulai terbit di antara dua buah bukit hijau yang muncul perlahan dan membuat perhatian mata kita tidak bisa menolak untuk menikmatinya, terdapat bukit tanjakan cinta, di sisi timur (menuju trek ke puncak semeru)

9. Oro oro ombo semeru

Oro – Oro Ombo adalah hamparan sabana luas di tengah – tengah Gunung Semeru. Pada periode Januari – Agustus pendaki akan mudah menemukan bunga – bunga hijau kekuningan dan ungu.

10. Pos Kalimati

Pos Kalimati yang berada pada ketinggian 2.700 disini kita dapat mendirikan tenda untuk beristirahat dan mempersiapkan fisik. Kemudian meneruskan pendakian pada pagi-pagi sekali pukul 24.00. Pos ini berupa padang rumput luas di tepi hutan cemara.

Sedikit informasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) semoga bermanfaat.
Referesi dan foto dari google

Komentar Facebook