Gunung-Gunung Indah di Australia Ini Wajib Didaki

Exploregunung.com –¬†Gunung-gunung di Australia mungkin bukanlah yang tertinggi di dunia, namun beberapa gunung menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dan menawarkan jalur pendakian yang sangat menantang. Berkat ketinggian yang tidak terlalu ekstrem, gunung-gunung di Australia bisa menjadi destinasi pendakian yang cocok, sekaligus memiliki bentang alam yang unik. Namun sebelum mendaki gunung-gunung yang ada di Australia, perlu diketahui bahwa banyak dari gunung-gunung tersebut sangat sakral dan dijaga oleh suku Aborigin. Gunung-gunung di Australia mungkin kurang menantang dari segi teknikal, namun Australia memiliki bentang alam yang unik, tumbuh-tumbuhan dan binatang langka yang menjadi daya tarik tersendiri.

Pegunungan Biru

Pegunungan Biru / allianceabroad
Pegunungan Biru / allianceabroad

Pegunungan biru adalah suatu kawasan pegunungan yang menawarkan panorama alam yang sangat indah, karena keindahannya tersebut pegunungan Biru menjadi salah satu daftar situs warisan dunia UNESCO. Kabut abu berwarna merupakan representasi dari nama pegunungan ini. Pegunungan biru terletak di New South Wales, lembah pegunungan hanya berjarak 65 km dari kota metropolitan, Sidney. Ketinggian pegunungan yaitu 1,190m dpl dengan plato berbatu disertai dengan lembah berbatu yang terbentuk selama beribu-ribu tahun lamanya.Terdapat beberapa area konservasi yaitu Taman Nasional Pegunungan Biru yang memiliki panorama alam luar bisa, trek pendakian gunung, tempat memahat suku Aborigin dan juga terdapat ngarai dan jurang yang sangat dalam. Pendaki bisa melakukan jalan-jalan di kota sebelum melakukan pendakian, makan-makan di restoran lokal juga merupakan hal yang sangat mengasyikan. Lembah gunung biasanya memiliki cuaca yang sangat dingin, jadi bagi pendaki wajib membawa pakaian hangat.

Pegunungan Salju (Snowy)

Pegunungan Salju (Snowy)
Pegunungan Salju (Snowy)

Pegunungan Snowy merupakan bentang pegunungan yang memiliki gunung-gunung tertinggi di Australia. Pegunungan ini merupakan destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi setiap tahunnya. Banyak hal yang ditawarkan oleh pegunungan ini yaitu berbagai kegiatan yang berhubungan dengan salju, hingga kebudayaan dan panorama lainya yang sangat indah. Pegunungan ini memiliki bentang darat yang unik, danau yang spekatakuler dan area pedesaan yang sangat ramah, jadi pendaki bisa menemukan banyak hal menarik di Pegunungan Snowy di New South Wales ini.

Gunung Arapiles

Gunung Arapiles
Gunung Arapiles

Gunung Arapiles merupakan gunung yang terbentuk dari bebatuan dan merupakan destinasi terfavorit di Australia untuk kegiatan panjat tebing. Gunung ini terletak di Arapiles, sekitar 10 km dari Kota Natimuk dan merupakan bagian dari Taman Nasional Arapiles-Tooan. Gunung Arapiles merupakan destinasi populer bagi para pemanjat tebing karena kuantitas dan kualitas batunya. Gunung Arapiles memiliki nama Aborigin yaitu Djurite. Bagi pengunjung yang tidak menginginkan kegiatan panjat tebing, terdapat trek berjalan disekitar gunung Arapiles ini hingga menuju permukaan puncaknya. Gunung Arapiles ini sangat cocok untuk dikunjungi jika sedang berada di Australia, selain kegiatan panjat tebing dan pendakian, pengunjung bisa sekedar berjalan-jalan mengelilingi lembah gunung.

Gunung Cradle

Gunung Cradle
Gunung Cradle

Gunung cradle merupakan bagian dari situs warisan dunia gurun Tasmania. Gunung ini juga merupakan starting point menuju Overland Track, yaitu trek pendakian paling populer di Australia. Kontour bergerigi dari gunung Cradle merepresentasikan nuansa alam liar, dan juga gunung ini mempunyai hutan hujan dan berbagai spot-spot menarik lainnya. Area gunung merupakan salah satu area paling alamiah di Tasmania, jadi selain untuk trek pendakian, gunung ini juga sangat cocok untuk berlibur menikmati alam liar Australia.

King Canyon

King Canyon / journeysinlightphotoblog
King Canyon / journeysinlightphotoblog

King Canyon merupakan daya tarik terbesar dari Taman Nasional Watarrka. Taman ini menjaga kondisi alam bentang George Gill. Bentang alam ini mempunyai jurang curam dengan dinding batu pasir berwarna merah. Formasi batu purba yang menjulang diatas hutam palem merupakan area konservasi penting dan menjadi tempat perlindungan bagi lebih 600 spesies dari tumbuh-tumbuhan dan hewan langka. Mendaki puncak lereng King Canyon paling cocok dilakukan saat terbit atau terbenamnya matahari. Pemandangan luar biasa diatas lereng merupakan daya tarik terbesar dari King Canyon. Trek pendakian membutuhkan jarak 6 km dan melalui perjalanan sekitar 3-4 jam. Terdapat pemandangan luar biasa dari ngarai dibagian bawah dan keseluruhan pemandangan di King Canyon ini.

Komentar Facebook