informasi [klik]Info status buka dan tutup gunung terupdate 2018

Gunung-Gunung Paling Indah dan Populer di Filipina

Exploregunung.com – Banyaknya gunung di dunia, membuat pendaki tidak mungkin mendaki seluruh gunung yang ada di dunia, untuk itulah beberapa pendaki lebih fokus pada gunung-gunung tertentu. Untuk pendaki profesional, alasan utama biasanya mencari sejauh mana level ketinggian yang bisa didaki, semakin tinggi semakin baik. Pecinta sejarah mendaki gunung karena ingin melihat nilai-nilai sejarah didalamnya. Bahkan ada beberapa orang yang mendaki gunung karena alasan misteri dan mistik, sesuai dengan keyakinan yang mereka anut. Namun apapun alasannya, mendaki gunung merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan. Lewat kondisi geografinya, Filipina memiliki kontour pegunungan yang sangat ideal untuk destinasi pendakian. Jadi bagi kamu yang tertarik mendaki gunung-gunung yang ada di Filipina, berikut beberapa gunung paling populer di Filipina.

Gunung Apo

Gunung Apo
Gunung Apo

Dikenal sebagai gunung dengan puncak tertinggi diseluruh kepulauan yang ada di Filipina, gunung Apo merupakan gunung yang paling banyak dikunjungi dan didaki oleh wisman lokal atau luar. Suku Bagobo di Mindanao memanggil gunung ini dengan sebutan Apo yang berarti ‘sang kakek’. Gunung Apo memiliki ketinggian 2,954 mdpl terletak di antara dua provinsi yaitu Davao City dan Davao del Sur. Gunung ini merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif, mempunyai tiga puncak utama dan mempunyai kawah berapi yang sangat lebar berisikan air danau Venado. Terdapat banyak jalur pendakian menuju puncak, namun perlu diketahui bahwa gunung ini cukup menantang untuk didaki karena memiliki hutan yang berlumut, jalan terjal, dan batu-batu besar. Kolam-kolam belerang masih ditemukan di area gunung Apo, gunung ini juga merupakan rumah dari Elang pemakan monyet khas Filipina, Elang terbesar di dunia dan merupakan burung nasional kebanggan Filipina.

Gunung Pico de Loro

Gunung Pico de Loro
Gunung Pico de Loro

Gunung ini memiliki ketinggian 664 mdpl dan terletak di Maragondon, Cavite, Filipina. Saat Spanyol melakukan ekspansi terhadap bumi Filipina, Spanyol menamai gunung ini dengan Pico de Loro karena puncaknya berbatunya menyerupai paruh burung parrot. Hari ini gunung ini banyak dikunjungi para pendaki dan traveler dari seluruh dunia untuk melihat tanaman dan hewan langka yang ada di gunung Pico de Loro, dan juga pemandangan diatas puncak sangat keren karena kita bisa melihat hutan, gunung berapi dan laut. Gunung ini sangat ideal untuk pemula karena permukaannya tidak terlalu curam untuk didaki, walaupun angin yang kencang juga perlu diwaspadai. Dapat diakses dari Manila dengan menggunakan bus, gunung Pico de Loro menjadi gunung paling populer bagi pendaki, tempat ini sangat ramai khususnya saat weekend.

Gunung Pinatubo

Gunung Pinatubo
Gunung Pinatubo

Gunung Pinatubo merupakan gunung stratovolcano aktif yang meletus terakhir kali pada tahun 1991 yang lalu. Banyak orang menjadi saksi meletusnya gunung ini sebagai letusan gunung berapi terbesar kedua di abad 20. Karena letusan tersebut, tinggi gunung yang tadinya 1,745 mdpl menyusut hingga 1,486 mdpl. Walaupun gunung ini pernah menjadi teror bagi warga sekitar, namun hari ini gunung ini menjadi sangat subur dan memiliki panorama alam yang sangat indah. Terdapat lembah dan danau yang sangat indah yang membuat gunung ini menjadi destinasi favorit untuk para pendaki.

Gunung Daguldol

Jika kamu mengunjungi gunung Daguldol, kamu akan disuguhi dua elemen alam yang berbeda yaitu laut dan gunung. Dasar gunung Daguldol adalah pantai yang memanjang membuatnya sebagai destinasi populer bagi para turis. Permukaan tanah sangat lembut, terdapat masyarakat lokal yang sangat ramah dan juga kamu juga bisa menikmati minuman segar buatan masyarakat lokal. Gunung ini juga memiliki banyak aliran sungai dan air terjun, jadi bagi pendaki bisa melakukan istirahat di spot-spot air untuk sekedar beristirahat dan bersantai. Puncak dari gunung Daguldol memberikan pemandangan Selat Batangas dan gunung-gunung di pulau Mindoro, kawasan perkemahan sangat luas menyerupai lapangan golf. Kombinasi dari gunung dan pantai membuat kawasan gunung Daguldol merupakan destinasi wisata yang tiada duanya, selain bisa melakukan pendakian, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai seperti snorkeling, banana boat, ataupun sekedar berjemur di pinggir pantai.

Komentar Facebook