informasi [klik]Info status buka dan tutup gunung terupdate 2018

Gunung Latimojong – Puncak Tertinggi di Sulawesi

Exploregunung.com – Gunung Latimojong merupakan gunung populer di Indonesia dan merupakan destinasi pendakian favorit bagi pendaki dari seluruh dunia. Popularitas gunung Latimojong terutama karena gunung Latimojong merupakan gunung yang masuk dalam The Seven Summit Indonesia. Gunung Latimojong juga merupakan gunung tertinggi di pulau Sulawesi, jadi bisa dibayangkan betapa menggiurkannya gunung ini di mata para pendaki. Gunung ini sesungguhnya merupakan deretan dari beberapa gunung dengan beberapa puncak, dan Rante Mario merupakan puncak tertinggi dari gunung Latimojong ini. Gunung ini memiliki ketinggian 3.430 mdpl, dan merupakan gunung tertinggi kelima di Indonesia. Perlu diketahui bahwa gunung eksotis kebanggaan masyarakat Sulawesi ini bukan merupakan gunung berapi aktif.

Gunung Latimojong
Gunung Latimojong

Bagi kamu yang belum tahu bahwa gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan. Beberapa puncak dari deretan pegunungan Latimojong adalah puncak Latimojong (2800 mdpl), puncak Pantealoan (2500 mdpl), puncak Rante Mario (3478 mdpl), puncak Pokapinjang (2970 mdpl), puncak Sinaji (2430 mdpl), puncak Rante Kambola (3083 mdpl), puncak Nenemori (3397 mdpl), puncak Sikolong (2754 mdpl), dan puncak Bajaja (2700 mdpl). Dari puncak-puncak tersebut, puncak tertingginya yaitu puncak Rante Mario merupakan puncak yang paling banyak menarik minat para mendaki untuk menggagahinya. Selain menjadi puncak tertinggi di gunung Latimojong, puncak Rante Mario juga merupakan puncak tertinggi di Sulawesi, jadi bisa dibayangkan betapa excitednya kita jika berada puncak Rante Mario ini.

Selain puncak Rante Mario, gunung Latimojong juga memiliki puncak tertinggi kedua di Sulawesi yaitu puncak Nenemori. Apa yang akan ditemukan pendaki pada jalur pendakian adalah hutan montana atau hutan pegunungan. Karena ekosistem hutan yang masih sangat alami, maka pendaki bisa saja menemukan binatang-binatang langka seperti babi rusa atau anoa. Hutan montana yang ada di sepanjang jalur pendakian merupakan tantangan tersendiri, yang dapat membuat adrenalin seorang pendaki semakin memuncak-muncak. Trek yang dihadapi pendaki sebagian besar adalah ranting-ranting pohon dan bebatuan yang licin.

Akses Menuju Gunung Latimojong

Untuk mencapai puncak tertinggi gunung Latimojing, pendaki bisa menempuh jalur pendakian dengan starting point yaitu kecamatan Baraka. Di Kecamatan Baraka ini pendaki bisa melakukan berbagai preparasi sekaligus mempersiapkan fisik menjelang pendakian ke puncak Rante Mario. Setelah fix dengan berbagai persiapan, pendaki bisa menggunakan jasa transportasi jeep menuju Desa Latimojong. Desa Latimojong juga sering disebut dengan Desa Rante Lemo, mobil jeep biasanya hanya bisa sampai di desa ini. Setelah itu pendaki bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki dan melewati Dusun Karuaja. Perjalanan dari Desa Latimojing ke Dusun Karuaja bisa menghabiskan waktu 1,5 jam. Setelah itu pendaki terus berjalan dan akan menemukan desa selanjutnya yaitu Desa Karangan. Di desa Karangan ini terdapat sungai eksotis yaitu sungai Salu Karangan. Pendaki bisa beristihata di rumah-rumah warga dan berjalan-jalan disekitar sungai.

Setelah itu pendaki bisa meneruskan perjalanan menuju Pos 1dengan mengikuti jalur sungai Salu. Di sepanjang perjalanan, pendaki akan menemukan berbagai jalan yang bercabang yang sering digunakan pemburu untuk menemukan buruannya. Setelah itu pendaki harus terus melalui perjalanan menuju Pos 2 yang sering disebut juga Pos Goa Sarung Pakpak. Di Pos 2 ini trek akan sedikit menurun, dan terdapat banyak sumber mata air. Menuju Pos 3 dan 4 jalanan akan semakin menantang, pendaki akan menghadapi jalanan menanjak nan terjal dengan kemiringan hampir 80 %.

Baca juga: Gunung Binaiya – Gunung Tertinggi di Kepulauan Maluku

Di Pos 5 (Soloh Tama) pendaki akan menemukan dataran luas yang bisa dijadikan basecamp sementara. Pos ini juga mempunyai aliran sungai dan sering dijadikan tempat beristirahat sementar untuk mencapai puncak. Setelah itu pendaki masih harus terus melalui Pos 6 sampai 7. Di Pos 7 pendaki bisa melihat beberapa deretan puncak gunung Latimojing dan juga permukaaan kaki gunung Latimojing. Pos 7 merupakan dataran luas yang mempunyai jalur pendakian bercabang, untuk mencapai puncak Rante Mario, pendaki harus mengambil jalur kiri. Setelah itu trek pendakian lumayan curam dengan medan berbatu. Setelah melewati 7 pos, pendaki akhirnya bisa menginjakan kaki di permukaan tertinggi di Sulawesi ini.

Komentar Facebook