informasi [klik]Info status buka dan tutup gunung terupdate 2018

Gunung Nglanggeran – Eksotisme Gunung Api Purba Pulau Jawa

Exploregunung.com – Gunung Nglanggeran bisa menjadi alternatif pendakian terbaik terutama bagi pemula yang ingin mencoba trek yang tidak terlalu ekstrem. Gunung yang terletak di Desa Nglanggeran, Patuk Gunungkidul ini memiliki keunikan tersendiri, khususnya karena gunung Nglanggeran merupakan satu-satunya gunung purba di Yogyakarta. Perlu diketahui bagi pembaca Explore Gunung bahwa gunung Nglanggeran pernah aktif 30-60 juta tahun lalu, dan kekuatan letusannya bahkan disamakan dengan gunung purba Toba Sumatera Utara. Disebut-sebut sebagai letusan terbesar di pulau Jawa, dan hasil dari letusannya adalah berbagai kontur alam yang ada di pulau Jawa. Gunung Nglanggeran merupakan hasil dari pembekuan magma selama berjuta-juta tahun lamanya, bisa dilihat dari permukaan gunung yang dipenuhi dengan batu-batuan raksasa.

Gunung ini sangat friendly terutama karena pendaki tidak perlu mendaki terlalu jauh untuk mencapai puncaknya. Gunung Nglanggeran memiliki ketinggian kurang dari 1000 mdpl dan bisa menjadi trek pendakian bagi pemula. Gunung eksotis ini juga sering dikait-kaitkan dengan legenda Nggaleran itu sendiri, dimana kata Nglanggeran berasal dari kata ‘melanggar’. Ceritanya dahulu kala, gunung ini sering dijadikan tempat pembuangan bagi orang-orang yang merusak wayang dari seorang dalang. Selain itu uniknya lagi, di bagian puncak timur gunung terdapat sebuah sistem kekeluargaan dimana tempat tersebut hanya boleh dihuni oleh 7 kepala keluarga, cerita tersebut benar adanya jika kamu berkunjung ke gunung Nglanggeran.

Sunrise Gunung Nglanggeran
Sunrise Gunung Nglanggeran

Apa yang akan didapatkan pendaki adalah trek ekstrem berbatu cadas dan juga tebing-tebing raksasa. Selain itu puncak gunung Nglanggeran juga sering diburu oleh pecinta sunrise dan sunset. Pemandangan indah dari pegunungan Sewu bisa terlihat saat mendaki gunung Nglanggeran ini. Selain itu jika mendaki gunung malam hari, kamu akan melihat grand view dari kota Yogyakarta. Mungkin gunung Nglanggeran ini tidak terlalu bagus untuk pendakian yag serius, namun landscape dan juga view yang ada di gunung Nglanggeran sangat luar biasa. Di beberapa spot bahkan terdapat lorong-lorong dari batu besar, yang sepintas terlihat seperti yang ada di film-film Hollywood.

Jalur Pendakian
Gunung Nglanggeran

Jalur pendakian di gunung Nglanggeran ini cukup mudah dan tidak memerlukan peralatan yang ‘perfect’. Namun untuk menjaga agar perjalanan tetap aman, kamu juga mesti mempersiapkan peralatan wajib pendakian. Pos pendakian gunung Nglanggeran bisa dicapai dari Yogyakarta, waktu perjalanan dari Yogya ke pos pendakian berkisar 1 jam dengan naik kendaraan roda dua. Setelah sampai di pos pendakian yang merupakan starting point, pendaki bisa melakukan pengisian administrasi dan berbagai persiapan. Sepanjang perjalanan pendakian, pendaki akan menemukan berbagai trek berbatu. Setelah 15 menit perjalanan, pendaki akan menemukan lorong yang diapit oleh dua tebing raksasa. Meskipun aman, namun kamu harus tetap waspada dan jangan lupa untuk mengantri dengan pendaki lainnya.

Di beberapa spot, kamu bisa menemukan banyak gardu-gardu yang bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat. Setelah melewati jalur pendakian dari pos pertama, pendaki akan menemukan trek hutan montana, terdapat banyak ‘quote’ yang ditempelkan sebagai panduan. Menuju puncak, kamu akan menemukan persimpangan yang salah satunya adalah menuju Mata Air Comberan yang dikenal memiliki aura mistis. Setelah itu kamu akan menemukan camping ground yang sangat luas, disini kamu bisa mendirikan tenda untuk sementara. Jangan khawatir tidak kebagian tempat, karena camping ground di gunung Nglanggeran ini sangat luas.

keindahan dari puncak Gunung Nglanggeran
keindahan dari puncak Gunung Nglanggeran

Setelah itu puas bersantai di camping ground, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke puncak gunung Nglanggeran. Tidak membutuhakan waktu lama untuk sampai ke puncak, dan setelah sampai puncak kamu akan menemukan area yang juga luas. Di puncak gunung Nglanggeran kamu bisa melihat dari kejauhan Embung Nglanggeran, yaitu telaga yang berada di bagian gunung. Secara keseluruhan pemandangannya sangat indh, pendaki bisa melihat dari kejauhan bukit-bukit dan juga kota Yogyakarta.

Tips Pendakian Gunung Nglanggeran

  • Bawa peralatan personal seperti jaket, jas hujan, senter, sleeping bag dan lain-lain.
  • Jika mendaki dengan tim, maka bawa tenda dengan kapasitas secukupnya.
  • Bawa makanan dan minuman agak banyak.
  • Jangan lupa untuk terus waspada.
  • Berdo’a dan tetap menjaga keselamatan yang paling utama.

Selamat mendaki sobat Explore Gunung?

Komentar Facebook