Gunung Prau – Puncak Terbaik se-Asia Tenggara untuk Melihat Sunrise

Exploregunung.com – Gunung Prau merupakan gunung yang berada di Dataran Dieng dan siapapun yang berhasil mencapai puncaknya akan melihat landscape luar biasa dari ketinggian 2565 mdpl. Gunung ini disebut-sebut sebagai gunung terbaik dalam melihat scene sunrise se-Asia Tenggara. Penampakan sunrise di puncak gunung Prau sering diabadikan oleh para pendaki untuk kemudian di share di sosial media. Apa yang membuatnya begitu indah karena penampakan matahari terbit bercampur dengan pemandangan gunung-gunung dan awan di Dataran Dieng. Jadi meskipun pendaki lebih mengenal gunung Sumbing atau Sindoro di Dataran Dieng, gunung Prau tidak kalah menariknya untuk dijadikan destinasi pendakian. Pendaki akan menemukan berbagai panorama alam luar biasa dalam usaha pendakian mencapai puncak Prau.

Menanti Sunrise Gunung Prau
Menanti Sunrise Gunung Prau

Gunung Prau terletak di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kendal, dan berada tepat di Dataran Dieng. Dewasa ini gunung Prau begitu populer terutama karena banyak climber yang mempromosikan Prau sebagai gunung recommended untuk didaki. Apa yang membuat gunung Prau menjadi begitu favorit karena permukaan puncak gunung begitu luas, bahkan para pendaki bisa mendirikan tenda dan menikmati landscape diatas puncak sepuasnya. Disebut-sebut bahwa permukaan puncak gunung Prau merupakan yang terluas di Indonesia. Oleh karena itu banyak pendaki yang banyak mengabadikan momen-momen luar biasa saat matahari menyembul dibawah Dataran Dieng. Pemandangan disekitar gunung Prau luar biasa indahnya, dan bisa menjadi rival paling berat gunung Rinjani di Indonesia.

Selain sunrise, pendaki juga sering memuja-muja keindahan sunset di gunung Prau. Jadi apapun perspektifnya, pendaki akan menemukan berbagai pemandangan ‘surgawi’ diatas puncak gunung Prau. Kamu bisa melihat di berbagai situs tentang gunung yang memperlihatkan betapa indahnya pemandangan diatas puncak gunung Prau. Dan kabar baiknya adalah siapapun bisa mencapai puncaknya, bahkan bagi pemula sekalipun. Jalur pendakian gunung Prau relatif mudah untuk dilewati, juga rentang perjalanan tidak terlalu jauh. Maka bagi pembaca Explore Gunung, pasti tidak akan menyesal jika mendaki gunung eksotis di Dataran Dieng ini. Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, pendaki hanya perlu melewati jalur dengan rentang waktu 3-5 jam tergantung kondisi cuaca.

Sunris Gunung Prau photo @anggiafandy
Sunris Gunung Prau photo @anggiafandy

Jalur Pendakian Gunung Prau

Seperti melewati jalur dibatas imaji, begitulah saat mendaki gunung Dieng ini. Sepanjang perjalanan, climber akan menemukan berbagai view keren dan mencengangkan. Pendaki bisa melihat dari kejauhan Telaga Warna, yang seperti kita tahu bahwa Telaga Warna memiliki substansi warna berbeda-beda jika dilihat dari atas, jadi bisa dibayangkan keindahannya seperti apa. Juga pastinya pendaki akan melihat pemandangan Dataran Dieng beserta bukit-bukitnya yang luar biasa indahnya. Tidak habis disitu, sepanjang perjalanan, pendaki akan menemukan trek hutan yang lumayan menantang. Juga ada di beberapa spot, perkebunan teh dan juga bunga-bunga Daisy yang semakin membuat perjalanan pendakian semakin luar biasa.

Untuk bisa mencapai puncak Prau maka pendaki bisa menggunakan beberapa alternatif jalur pendakian. Pendaki bisa melewati jalur selatan yaitu dengan melewati Desa Patak Banteng atau Dataran Tinggi Dieng. Lewat jalur selatan ini, pendaki relatif akan mencapai dengan waktu cepat yaitu 2 hingga 3 jam perjalanan. Sedangkan alternatif lain menuju puncak Prau adalah lewat jalur utara yaitu melalui Kabupaten Kendal. Pendaki bisa melewati jalur di desa-desa di Kabupaten Kendal seperti Desa Kenjuran, Desa Genting Gunung, Desa Balong yanng berada di Kecamatan Sukoreja. Jalur pendakian lewat jalur utara sedikit memakan waktu lebih banyak yaitu 5 hingga 7 jam perjalanan.

Tips Pendakian Gunung Prau

  • Kondisi iklim di gunung Prau relatif sangat dingin, jadi biar tidak hipotermia di perjalanan ada baiknya mempersiapkan berbagai pakaian penghangat.
  • Jika kamu mempunyai banyak waktu, kamu bisa bermalam di puncak Prau.
  • Jika ingin melihat sunrise, lakukan perjalanan pada tengah malam.
  • Atau jika ingin melihat sunset, bisa memulai perjalanan pada siang hari lalu bermalam di puncak untuk melihat sunrise.
  • Jangan lupa untuk memakai GPS untuk melihat jalur transportasi.
  • Kamu bisa sekaligus menikmati objek wisata lain di Dataran Dieng.

Komentar Facebook