Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Semburkan Abu Vulkanis 2.000 Meter

Exploregunung – Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi. Sekira pukul 10.19 WIB tadi, tinggi semburan abu vulkanis yang menyembur dari Sinabung menapai 2 ribu meter ke arah timur.

Petugas Pemantau Gunung Api Sinabung, Deri Alhidayah, mengatakan, erupsi yang terjadi pagi tadi masih lebih kecil dibandingkan letusan pada Minggu 5 Februari 2017 malam yang semburannya setinggi 2.500 meter.

Dua anak melihat erupsi Gunung Sinabung di Karo, Sumut (Antara)

“Malam tadi sekitar pukul 20.06 WIB juga terjadi erupsi dengan tinggi kolom letusan mencapai 2.500 meter. Lebih besar dari yang pagi ini,” kata Dery, Senin (6/2/2017).

Meski erupsi pagi tadi lebih kecil, Dery mengatakan, intensitas aktifitas Gunung Api Sinabung masih cukup tinggi. Kandungan gas di dalam Sinabung diperkirakan masih cukup besar sehingga bisa memicu ledakan erupsi yang tak terduga.

“Masih cukup tinggi aktifitasnya. Kita belum tahu sampai kapan, tapi kita terus menghimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati, khususnya yang beraktifitas di sekitar Gunung,”tandasnya.

Sementara itu, Bisman Ginting, warga Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo mengaku, ia dan warga lainnya yang tinggal di sekitar kaki gunung Sinabung, sudah terbiasa dengan erupsi yang terus-menerus dari Sinabung. Mereka hanya berharap agar petugas selalu siaga jika erupsi besar terjadi.

“Biasa aja (erupsi) tadi pagi sama semalam. Hampir tiap hari begitu selama setahun ini. Cuma memang ada beberapa kali yang lebih besar dari biasanya. Cuma ya itu lah, maunya kalau ada yang besar begitu, ada peringatan dari pemerintah,”pungkasnya.

Sumber: Okezone.com

Komentar Facebook