Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi dengan skala yang cukup besar pada Rabu pagi (6/1/2016). Gunung Sinabung saat erupsi Rabu pagi (6/1/2016).
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi dengan skala yang cukup besar pada Rabu pagi (6/1/2016). Gunung Sinabung saat erupsi Rabu pagi (6/1/2016).

MEDAN – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi dengan skala yang cukup besar pada Rabu pagi (6/1/2016).

Bahkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung terlihat dengan jelas dari kawasan Berastagi di Kabupaten Karo yang berjarak lebih dari 15 kilometer dari gunung api tersebut.  Erupsi Gunung Sinabung terjadi selama hampir lima menit.

Data yang diperoleh dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Api Sinabung tinggi kolom erupsi yang membawa material vulkanik mencapai ketinggian 2.000 meter hingga menyebabkan sejumlah kawasan berpotensi dihujani debu vulkanik.

“Aktivitas kegempaan yang memicu terjadinya erupsi dan luncuran awan panas hingga saat ini masih dikategorikan cukup tinggi, “ kata Petugas PVMBG Muhammad Nur Asrori, di Pos Pemantau Gunung Sinabung, Rabu (6/1/2016).

Hal tersebut, kata dia, terlihat dalam sembilan jam terakhir atau sejak pukul 00.00 WIB hingga 09.00  tercatat telah terjadi 20 kali gempa guguran, 5 kali gempa low frekuensi, 5 kali gempa hybrid dan 2 gempa tektonik jauh.

“Oleh sebab itu PVMBG hingga saat ini masih merekomendasikan agar tidak ada aktivitas apapun pada radius 7 kilometer dari Gunung Sinabung, “ timpalnya.

PVMBG juga mengimbau agar warga yang saat ini diketahui kembali ke desa agar segera kembali ke pengungsian karena masih tingginya ancaman bahaya dari Gunung Sinabung.

Hingga saat ini sendiri jumlah pengungsi yang tercatat harus tinggal di pengungsian berjumlah 9.319 jiwa. Mereka berasal dari sembilan desa dan satu dusun yang terletak di kaki Gunung Sinabung.

SINDONEWS

Komentar Facebook