Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaki Pegunungan Himalaya

Exploregunung –┬áMendaki gunung bagi sebagaian orang layaknya candu, sekali mendaki pasti ingin kembali lagi mengarungi dahsyatnya pengembaraan diri diatas gunung. Setiap tahun ribuan orang dari seluruh dunia meninggalkan rumahnya selama beberapa hari untuk melakukan pendakian dan eksplorasi permukaan gunung di seluruh dunia. Orang-orang sangat antusias akan trek yang dihadapinya dan melakukan berbagai persiapan sebelumnya. Salah satu destinasi pendakian terbaik untuk para pendaki adalah pegunungan Himalaya. Pegunungan Himalaya merupakan bentang alam raksasa dan melakukan pendakian di salah satu puncaknya merupakan perjalanan paling mengesankan sekaligus melelahkan. Dalam artikel ini Explore Gunung akan mengulas mengenai persiapan-persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan pendakian di pegunungan Himalaya.

Himalaya
Himalaya

Persiapan untuk Pendakian Himalaya

Jika kamu mempunyai plan untuk melakukan pendakian di pegunungan Himalaya, sangat penting memastikan bahwa persiapan telah dilakukan. Pegunungan paling angker di dunia ini memiliki kondisi cuaca yang tak dapat diprediksi, sangat bengis bagi pendaki yang miskin persiapan. Inilah beberapa tips mengenai apa saja persiapan sebelum melakukan pendakian di pegunungan Himalaya.

  • Tetap Fit
    Jika kamu tertarik pada keindahan dan keheningan dari pegunungan Himalaya dan memutuskan untuk mendakinya, maka sangat penting memastikan tubuhmu dalam keadaan super fit. Tubuh yang fit akan menolongmu saat mendaki permukaan gunung Himalaya, dan mengakhiri misi pendakian yaitu puncaknya.
  • Tingkatkan Stamina
    Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina, sebagai contoh kamu bisa memilih menggunakan tangga daripada lift sebuah gedung. Kamu juga bisa melakukan perjalanan kecil disekitar lembah disertai dengan backpack yang penuh dengan perlengkapan. Berjalan sesering dan sejauh mungkin. Latihan seperti ini akan meningkatkan stamina, dan akan banyak membantu pada saat pendakian di pegunungan Himalaya.
  • Usahakan Agar Selalu Terhidrasi
    Hal ini menjadi sangat penting, terutama saat mendaki atau camping di permukaan pegunungan yang tinggi. Permukaan gunung yang tinggi akan membuat level oksigen semakin menurun, yang membuat pendaki akan kehilangan banyak cairan tubuhnya. Hal ini bisa diatasi dengan meningkatkan porsi tidur. Pastikan jam tidur tidak kurang dari 8 jam dan minumlah banyak air. Ini tidak hanya membuat tubuh tetap terhidrasi, namun juga menghindari sakit sepanjang jalur pendakian.
  • Pastikan Sehat 100%
    Jika kamu memiliki rencana pendakian maka pastikan kamu tidak dalam kondisi mengidap penyakit apapun. Jika kamu menemukan adanya problem baik itu fisik maupun mental, maka lebih baik ditinjau kembali rencana untuk mendaki pegunungan Himalaya tersebut. Alasannya sederhana, karena pegunungan Himalaya bisa menjadi sangat berbahaya, layanan kesehatan tidak mungkin tersedia di lokasi paling sepi di dunia tersebut. Bahkan untuk sakit kecil, sangat direkomendasikan untuk memastikan kesehatan secara menyeluruh.
  • Cari Informasi Lebih Mendalam
    Jika kamu akan mendaki pegunungan Himalaya untuk pertama kali, sangat penting mengetahui daerah yang akan kamu daki. Hal ini sangat membantu untuk persiapan mental sebelum melakukan pendakian. Kamu bisa mendapatkan informasi melalui internet mengenai pegunungan Himalaya itu sendiri, orang-orangnya, kultur, makanan, iklim, geografi, dan juga berbagai jalur pendakian di area tersebut. Jika kamu mengenal atau mengetahui orang yang sudah pernah mendaki di pegungan Himalaya, maka alangkah baiknya untuk bertanya mengenai pengalamannya mendaki. Informasi-informasi ini akan membantu dalam mengambil keputusan, apakah jadi mendaki atau tidak.
  • Pertimbangkan Biaya Tak Terduga
    Mengatur budget sangatlah penting, khususnya jika kamu melakukan pendakian tidak dengan bantuan sponsor. Ingat bahwa kamu akan mendaki tempat yang sangat tidak bisa diprediksi, selain dari pengeluaran wajib seperti makanan, akomodasi, porter, dan transportasi, akan selalu ada biaya terduga. Sangat disarankan membawa dana ekstra dan jangan menghambur-hambur banyak uang saat berada di Himalaya.
  • Rencanakan Perjalananmu
    Pegunungan Himalaya merupakan kombinasi dari keindahan alam dan warisan budayanya. Sebelum melakukan pendakian, cari tahu apa tujuan kamu melakukan pendakian. Sebagai contoh, jika kamu terkesan dengan keindahan alam Himalaya, kamu seharusnya mengambil trek di hutan Himalaya. Namun jika kamu seseorang yang menyukai eksplorasi maka kamu bisa mengambil trek curam ke puncak salah satu gunungnya. Jadi perencanaan itu sangat penting, tentukan terlebih dahulu apa yang akan kita lakukan nanti setelah berada di Himalaya.

Komentar Facebook