Ingin Menjadi Pendaki Pertama Sebuah Gunung? Baca Artikel Berikut Ini

Exploregunung.com – Daya pikat terbaik dari banyaknya perjalanan di seluruh dunia adalah ide tentang eksplorasi. Penemuan sebuah candi kuno, penjelajahan gua bawah tanah atau penemuan pulau terpencil merupakan pencapaian luar biasa dari umat manusia. Beberapa pencapaian sulit seperti pendakian puncak Everest dan daerah Kutub Utara, hari ini bisa dicapai berkali-kali. Namun terdapat gunung-gunung yang memang sangat sulit untuk didaki dan tidak ada pendaki yang berani untuk mengekslorasinya. Gundukan batu raksasa, longsoran salju, kondisi cuaca ekstrem merupakan tantangan-tantangan yang membutuhkan nyali besar untuk mengatasinya. Namun tahukah kamu selalu ada cara untuk mengatasinya, inilah beberapa cara mendaki gunung yang tak pernah didaki.

Tipe Gunung yang Tak Pernah Didaki

Terdapat dua tipe gunung yang belum pernah didaki, yang pertama adalah gunung yang memang mempunyai medan yang sulit, dimana pendaki menghadapi tantangan-tantangan seperti kompleksitas, kondisi curam dan rute yang membingungkan. Dan karena kondisi gunung tersebut, membutuhkan pengalaman mendaki tingkat tinggi.  Tipe gunung kedua adalah gunung yang memang belum pernah untuk didaki sebelumnya karena tidak ada satupun orang di daerah tersebut dan namanya yang kurang populer. Lewat riset dan persiapan yang benar, gunung tersebut terbuka bagi pendaki baru yang antusias dan memiliki persiapan yang matang.

Cara Menemukan Gunung Yang Tak Bisa Didaki

Faktanya tidak ada daftar database dari gunung yang tak pernah didaki di dunia (atau juga yang sudah didaki). Dan memang disitulah nilai eksplorasinya, kamu dituntut untuk mencari tahu sendiri. Namun dalam artikel ini kamu akan menemukan beberapa klue mengenai gunung-gunung tersebut.

  • Pegunungan Tien-Shan Kyrgyzstan
    Pegunungan ini merupakan bentang alam yang sangat luas, dan terdapat gunung-gunung yang masih sangat asing dan bahkan belum diberi nama. Kamu bisa melakukan eksplorasi, dan mencari tahu rute terbaik untuk mendaki beberapa gunungnya.
  • Pegunungan Quimsa-Cruz di Bolivia
    Pegunungan ini memiliki gunung-gunung yang masih sangat perawan, dan banyak literatur yang memperlihatkan belum banyaknya pendaki yang berusaha mengekslorasi pegunungan Quimsa-Cruz di Bolivia.
  • Pegunungan Altai di Rusia
    Sama seperti kedua pegunungan diatas, pegunungan Altai di Rusia merupakan bentang alam yang masih sangat perawan, kamu bisa melakukan eksplorasi dengan browsing majalah atau internet untuk mencari tahu beberapa gunung di lokasi tersebut.

Apa Yang Harus Ditemukan

  • Keterasingan
    Jika sebuah gunung mempunyai akses yang mudah, pasti gunung tersebut sudah pernah didaki sebelumnya. Kamu tidak perlu mencarinya di Antartika atau di pegunungan Andes, namun carilah paling tidak gunung yang sedikit jauh dari pemukiman warga. Carilah pegunungan yang tidak terlalu dilihat oleh manusia. Beberapa kluenya adalah Greenland, Antartica dan Semenanjung Kamchatka.
  • Carilah Gunung Yang Terdekat Dengan Gunung Populer
    Biasanya gunung terdekat dengan gunung populer di suatu daerah, tidak terlalu diminati untuk didaki oleh banyak orang. Mungkin hal tersebut tidak berlaku untuk gunung-gunung di Himalaya, namun ditempat lain bisa sangat berbeda. Beberapa kemungkinan gunung tersebut berada yaitu di Andes, Karakoram dan Himalaya.
  • Background Politik
    Salah satu alasan mengapa banyak gunung di Kyrgizstan dan Rusia sangat jarang untuk didaki karena alasan politis. Apa yang membuatnya berbahaya karena adanya konflik di daerah gunung tersebut. Beberapa pendaki bahkan tewas saat mendaki karena dibunuh oleh gerilyawan. Namun jika niatmu sudah bulat untuk mendaki gunung tersebut, maka tak ada yang bisa menghalanginya. Kamu bisa melakukan eksplorasi dan analisa mengenai gunung-gunung yang mempunyai trackrecord konflik yang kental. Beberapa gunung tersebut berada di pegunungan Ladakh dan beberapa negara-negara Asia Tengah.

Sumber-Sumber

  • Google
    Google merupakan tool terbaik melakukan eksplorasi dan analisa mengenai gunung-gunung yang belum pernah didaki sebelumnya. Riset berbagai pendakian di setiap wilayah dan lihat pula gunung-gunung yang ada disekitarnya.
  • RGS
    RGS (Royal Geographical Society) mempunyai laporan databese perjalanan yang bisa kamu lihat secara online. Temukan orang-orang yang pernah singgah di suatu tempat, baca laporannya lalu plot lokasinya di map (Google Earth) dan cari tahu beberapa gunung yang masih sepi.

Komentar Facebook