informasi [klik]Info status buka dan tutup gunung terupdate 2018

Ini Aturan Baru Naik Gunung di 2018 yang Harus Kamu Tau

Exploregunung.net – Untuk kamu-kamu yang gemar mendaki gunung, tentunya kamu sudah punya jadwal tahun ini akan mendaki di gunung mana saja kan? Gunung-gunung di Indonesia memang menakjubkan untuk didaki, apalagi bersama teman-teman seperjuangan.

Namun tahukah kamu, di tahun 2018 ini ada beberapa peraturan baru yang dibuat warga sekitar gunung untuk para pendaki (pecinta alam), lho! Berikut beberapa aturan yang harus kamu ikuti dan kamu perhatikan sebelum kalian berkunjung ya.

1. Sebelum ke Gunung Semeru, kamu harus daftar online dulu!

Ada aturan tidak biasa yang diberlakukan Taman Nasional Bromo Tengger. Para pendaki diwajibkan untuk melakukan pendaftaran online terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Kamu wajib mengisi data dengan waktu yang telah ditentukan di website ini https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/. Hal ini dimaksudkan agar pihak pemelihara bisa mengontrol siapa-siapa saja yang sedang berkunjung kesana.

Baca infonya: Baca Dulu, Sebelum Mendaki Gunung Semeru

2. Di pendakian Gunung Gede Pangrango pun juga punya aturan yang sama

Ilustrasi Pendaki Gunung Gede

Sama dengan pendakian Gunung Semeru, Gunung Gede Pangrango pun sudah lebih dulu menerapkan aturan ini. Dilansir dari website pegi-pegi.com, kamu diwajibkan melakukan pendaftaran online bersama timmu di website ini http://booking.gedepangrango.org/.

Baca infonya: Ketentuan Umum Pendakian Gunung Gede Pangrango

Kamu diwajibkan melakukan pendaftaran online maksimal 2 hari sebelum pendakian.

3. Kalau di Gunung Marapi, kamu harus berumur 17 tahun dulu

Gunung Marapi

Tidak hanya masuk daftar hitam jika kamu melanggar aturan disana, jika kamu berumur kurang dari 17 tahun kamu pun tidak boleh masuk mendaki kesana. Hal ini diterapkan untuk menjaga keamanan selama pendakian Gunung Marapi ini.

Jangan lupa untuk bawa perlengkapanmu selama pendakian ya!

4. Per April ini, pendakian Gunung Rinjani pun diwajibkan melakukan pendaftaran online

Persis seperti yang lainnya, Gunung Rinjani pun punya aturan yang mewajibkan seluruh calon pendaki melakukan pendaftaran online di situs resmi mereka. Aturan ini baru akan diterapkan per 1 April 2018 nanti.

Untuk info lengkap mengenai berita ini kamu bisa langsung cek di website mereka https://www.tnrinjani.net/home

Baca infonya: Mulai April Sudah Bisa Booking Online Gunung Rinjani , Ini Caranya

5. Sama seperti Gunung Rinjani, Gunung Bromo juga menerapkan aturan booking online dan tiket gelang

photo via Almavia

Gunung Bromo yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berencana akan memberlakukan tiket masuk berupa gelang per 1 April 2018. Selain untuk mencegah praktik korupsi tiket, kebijakan ini juga dilakukan untuk menjaga kawasan konservasi dari sampah tiket yang kerap dibuang sembarang oleh para pengunjung.

Baca infonya: Gunung Bromo Pakai Tiket Gelang Mulai April 2018

Itulah 5 aturan baru yang diterapkan pengelola pendakian. Jadi persiapkan dengan matang pendakianmu ya!

Komentar Facebook