Manfaat dan Cara Membuat Kapur Cair untuk Kegiatan Panjat Tebing

Exploregunung –┬áPada panjat tebing, penggunaan kapur cair pada telapak tangan menyediakan cengkeraman yang lebih kuat dan tahan lama. Panjat tebing merupakan aktivitas adventure yang membutuhkan kekuatan dan daya tahan ekstra. Pemanjat sering harus bergantung pada cengkeramannya pada medan yang sulit. Pendaki tidak menginginkan tangannya berkeringat, yang membuat cengkeramannya melemah. Untuk itu penggunaan kapur cair sangat dianjurkan terutama agar tangan selalu kering dan menghidari slip di permukaan batu yang kasar. Banyak climber membeli banyak kapur untuk kegiatan panjat tebing, dan biasanya membutuhkan banyak biaya untuk membelinya. Jadi disini kamu akan menemukan cara membuat kapur cair yang bisa dilakukan di rumah, kapanpun kamu mau.

Bahan-bahan:

  • Bubuk kapur atau kapur balok
  • Alkohol (Isopropyl)
  • Mangkuk
  • Pengaduk
  • Botol kedap udara
  • Cangkir

Cara membuat kapur cair:

  1. Ambil mangkuk lalu tambahkan bubuk kapur halus.
  2. Tuangkan sedikit alkohol pada bubuk kapur dan aduk.
  3. Tetap aduk campuran tersebut dengan pengaduk dan tetap tambahkan alkohol hingga seluruh bubuk tersebut menyatu menjadi cairan.
  4. Pastikan campuran tersebut selembut mungkin, sama seperti yogurt.
  5. Jika sudah siap, masukan kedalam botol kedap udara.
  6. Proporsi dari kapur dengan alkohol adalah 2:1, jadi jika kamu mengambil 2 cangkir bubuk kapur maka alkohol yang harus dituang adalah 1 cangkir alkohol.

Cara Penggunaan Kapur Cair

Remas-remas sedikit kapur cair di bagian telapak tangan, jangan terlalu banyak karena porsi sedikit pun sudah cukup agar cengkeraman bisa kuat. Telapak tangan akan mulai terasa agak dingin karena alkohol yang ada didalam campuran akan mulai menguap. Tangan akan mulai memutih dengan lapisan kapur disetiap celah-celah tangan, dan kamu telah siap untuk memanjat tebing.

Manfaat Penggunaan Kapur Cair

Terdapat berbagai keuntungan memakai kapur cair untuk kegiatan panjat tebing. Kapur cair memberikan cengkeraman lebih baik dan lebih tahan lama daripada bubuk kapur atau kapur batangan. Hal tersebut karena kapur cair memiliki campuran alkohol, yang membuat penggunaannya pun tidak terlalu banyak-banyak, cukup sedikit saja. Kapur cair sangat berguna sepanjang pendakian yang sulit, karena tidak mungkin untuk selalu mencelupkan tangan pada tas kapur. Dengan kapur cair, daya tahan kapur bisa sangat lama dan membuat cengekeraman jadi lebih mudah. Pendaki tidak perlu terlalu banyak-banyak mengeleskan kapur cair pada tangan.

Penggunaan kapur cair juga sangat berguna saat mengikuti sebuah kejuaraan, karena penggunaan buku kapur bisa mengurangi skor. Tidak perlu terlalu banyak menggunakan kapur cair, dan ini sangat berguna saat menghadapi kejuaraan panjat tebing. Sisa-sisa kapur yang tertinggal karena kapur cair pada tebing atau dinding indoor itu lebih sedikit daripada bubuk kapur. Oleh karena itu penggunaan kapur cair lebih ramah lingkungan. Selain mudah digunakan, kapur cair juga tidak membuat banyak serbuk seperti bubuk kapur, yang sangat berbahaya untuk kesehatan paru-paru. Pada saat memanjat tebing, biasanya pendaki yang memakai bubuk kapur sering menghisap bubuk kapur tersebut, yang sangat berbahaya untuk kesehatan paru-parunya. Selain itu serbuk bubuk kapur biasanya sering menghalangi pandangan pendaki untuk melihat medan yang didaki. Oleh karena itu, membuat kapur cair homemade sangat bermanfaat untuk kegiatan panjat tebing.

Kapur cair biasanya tersedia dalam bentuk krim ataupun spray. Dan biasanya kapur cair spray digunakan dalam olah raga senam dan bisa juga digunakan untuk olahraga panjat tebing. Seperti yang telah dikemukakan diatas, bahwa kapur cair sangat direkomendasikan untuk kegiatan panjat tebing daripada kapur bubuk atau kapur batangan. Penggunaan kapur cair sangat berguna terutama agar cengkeraman tangan lebih solid dan tidak mudah slip. Bagi kamu yang ingin menggunakan kapur cair dalam aktivitas panjat tebing, tidak perlu khawatir karena kamu bisa membuatnya di rumah. Bahan-bahannya pun tidak susah untuk didapatkan. Kapur cair ini sangat berguna bagi kegiatan panjat tebing indoor maupun ourdoor, karena mampu menghasilkan cengkeraman yang kuat dan juga aplikasinya tidaklah terlalu sulit.

Baca Artikel Rock Climbing Lainnya disini.

Komentar Facebook