Manfaat Kesehatan Naik Gunung

Manfaat naik gunung (Foto: Codyapp)
Manfaat naik gunung (Foto: Codyapp)

Exploregunung – NAIK gunung sudah menjadi gaya hidup bagi banyak kaum muda. Naik gunung bagi sebagian orang menjadi alternatif liburan yang menyenangkan, sekaligus menantang. Namun, kegiatan naik gunung ini juga baik untuk kesehatan fisik Anda.

Tak jarang orang menjadikan aktivitas naik gunung sebagai hobi. Itu adalah kabar baik, karena hobi naik gunung dapat meningkatkan level kebugaran dan kekuatan fisik Anda. Sekarang mari kita cari tahu manfaat naik gunung, seperti dilansir dari Boldsky, Sabtu (10/5/2015).

Kepadatan tulang

Kepadatan tulang dapat terjaga dengan memperbanyak aktivitas gerak, seperti berjalan atau memanjat. Menantang fisik dengan berjalan jauh untuk mencapai puncak gunung dan melewati tantangan yang ada dapat membantu menjaga kekuatan tulang, khususnya tulang tungkai Anda.

Paru-paru

Naik gunung tak ubahnya seperti olahraga kardio, seperti berenang atau bersepeda. Aktifitas di luar ruangan ini melatih sistem pernapasan. Pintar melakukan penyesuaian udara dengan menanjak ketinggian secara bertahap perlu untuk mencegah masalah dengan paru-paru.

Manajemen berat badan

Anda akan mudah mengatur berat badan agar lebih ideal dengan melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan dan menyehatkan seperti naik gunung. Lakukan kegiatan hiking pada jarak yang dekat dan rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jantung

Manfaat aktivitas naik gunung bagi jantung tentu tidak diragukan lagi. Menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencapai ketinggian dan mengatur napas dapat melatih sistem kardiovaskular, termasuk jantung. Dengan membiasakan kegiatan ini, Anda bisa menginvestasikan jantung kuat untuk hari tua nanti.

(Erika Kurnia – Okezone)

Komentar Facebook