Mau Mendaki Gunung? ini Daftar Buka Tutup Gunung Terbaru 2022

Exploregunung.net – Informasi Status buka dan tutup gunung 2022 di Indonesia terbaru, selalu update jika ada informasi terupdate yang kami dapat, berikut daftar status gunung yang tutup dan buka selama tahun 2022.

Terakhir diperbaharui: 25 Maret 2022

Tujuan dari ini untuk mempermudah teman-teman yang ingin berkunjung atau mau mendaki tidak merasa kecewa, di karenakan tidak semua gunung di Indonesia bisa di daki tanpa ijin, soalnya kebanyakan gunung di Indonesia termasuk gunung yang aktif (gunung berapi). Jadi, sebelum kita naik gunung atau menuju lokasi alangkah baiknya kita mencari informasi situasi cuaca, aktifitas gunung yang dibuka atau di tutup, berikut dibawah ini daftar buka dan tutup gunung 2018.

Daftar Kontak (CP) Gunung Seluruh Indonesia Klik!!

No Nama Gunung Status Jalur Keterangan
1 Andong Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Andong via Pendem dan via Sawit BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat (memakai masker dan bawah handsanitizer) untuk pencegahan penyebaran COVID 19.
2 Argupuro Tutup Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Argopuro yang terkenal paling panjang di pulau jawa ini hingga sekarang masih ditutup sejak pandemi Corona Virus (COVID-19) mulai menyerang Indonesia.
3 Arjuna Tutup Semua Jalur Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang via Tretes dan via Tambaksari (Purwosari) via Lawang via Sumber Brantas via Cangar TUTUP SEMENTARA mulai 21 Maret 2022.Penutupan ini dilakukan usai ada pendaki hilang atas nama M. Naam Kurniawan yang terpisah dari rombongan saat turun gunung.
4 Bromo Buka Semua Jalur Wisata gunung Bromo BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19. Pengunjung juga wajib sudah divaksin COVID 19.
5 Butak Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Butak (Bhutak) Panderman via Kota Batu BUKA. Pendaki wajib membawa kartu identitas (KTP/SIM/Pasport).
6 Cikuray Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Cikuray via Tapak Gerot via Pemancar via Pamalayan via Bayongbong dan via Kiara Janggot BUKA mulai 26 Juli 2021 dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan wabah virus COVID 19.
7 Ciremai Buka Semua Jalur Seluruh Jalur Pendakian Gunung Ciremai Kuningan (via Palutungan via Linggasana dan via Linggarjati) BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID19. Sesuai dengan surat edaran dari Bupati Kuningan dimana objek wisata di daerah kuningan (termasuk jalur pendakian) boleh buka dengan kuota pendakian 10% dari kondisi normal dan penerapan protokol kesehatan ketat. Sementara itu untuk jalur pendakian via Apuy Majalengka TUTUP mulai 5 Oktober 2021 sampai pengumuman selanjutnya. Hal ini karena Majalengka masuk dalam wilayah PPKM Level 3 sehingga seluruh tempat wisata yang ada di Majalengka harus ditutup.
8 Gede-Pangrongo Buka Semua Jalur Seluruh jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango via Cibodas dan via Gunung Putri BUKA kembali mulai 1 Februari 2022 setelah sebelumnya sempat tutup mulai 31 Desember 2021 – 31 Januari 2022.
9 Guntur Buka Semua Jalur Jalur pendakian gunung Guntur via Citiis dan via Cikahuripan BUKA untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19.
10 Ijen Buka Semua Jalur Seluruh wisata di wilayah TWA Kawah Ijen BUKA mulai 7 September 2021 dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19 dan pengunjung dibatasi hanya 25% dari kuota normal Tempat Wisata Alam Kawah Ijen.
11 Kawi Buka Semua Jalur Belum ada informasi terbaru.
12 Kelud Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Kelud via Puncuk via Tunggul Rejo dan via Karangrejo BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19.
13 Kerinci Buka Semua Jalur Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat kembali mem BUKA untuk jalur pendakian Gunung Kerinci namun kini para pendaki harus mematuhi aturan baru dimana jika ingin mendaki gunung Kerinci wajib memakai jasa guide atau porter.
15 Merapi Tutup Semua Jalur Gunung Merapi masih tertutup untuk pendakian dikarenakan aktivitas vulkanik aktif dan letusan-letusan yang beberapa kali terjadi (Status: Level III – SIAGA). Update terakhir terjadi peningkatan aktivitas vulkanik pada 4 November 2020 dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menaikkan status Merapi dari Level II atau Waspada menjadi Level III atau SIAGA.
16 Merbabu Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Merbabu via Thekelan via Suwanting via Wekas dan via Selo BUKA dengan pembatasan kuota pendakian hanya 25% dari kuota normal dan wajib booking onine di website TN Gunung Merbabu. Sementara untuk jalur pendakian via Cunthel masih dalam persiapan untuk dibuka kembali dengan mingikuti perkembangan status penyebaran COVID 19 di wilayah sekitar Gunung Merbabu.
17 Kelud Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Kelud via Puncuk via Tunggul Rejo dan via Karangrejo BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19.
18 Panderman Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Butak (Bhutak) Panderman via Kota Batu BUKA. Pendaki wajib membawa kartu identitas (KTP/SIM/Pasport).
19 Penanggungan Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng via Kunjorowesi BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19 dan juga wajib menunjukkan bukti sertifikat vaksin COVID 19 di aplikasi pedulilindungi minimal dosisi 1. Kuota pendakian pun masih dibatasi yakni hanya 25% dari kuota normal. Sementara jalur pendakian Gunung Penanggungan (via jalur Kedungudi via Telogo dan via Jolotundo) TUTUP Sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. Untuk via Jolotundo ditutup karena curah hujan tinggi dan rawan pohon tumbang ditambah lagi adanya pohon tumbang yang menimpa warung di kawasan tersebut. Hingga kini belum ada informasi pembukaan kembali untuk jalur pendakian gunung Penanggungan tersebut.
20 Papandayan Buka Semua Jalur Wisata alam dan pendakian Gunung Papandayan BUKA mulai 19 Oktober 2021 dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan pengunjung diwajibkan menunjukkan bukti telah vaksinasi COVID 19 atau hasil negatif test antigen.
21 Prau Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Prau via Dieng via Patak Banteng via Kalilembu via Igrimanak via Wates dan via Dieng Kulon BUKA kembai mulai 4 Maret 2022.
22 Raung Buka Semua Jalur Gunung Raung yang menjadi gunung dengan trek terekstrem di Indonesia ini BUKA via jalur Kalibaru. Dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19 dan juga mengikuti peraturan pemerintah setempat. Sementara untuk jalur pendakian Gunung Raung via Sumber Waringin masih TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan.
23 Rinjani Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Rinjani via Senaru – Sembalun – Timbanuh dan Aik kembali BUKA sejak 16 Maret 2022. Pembukaan ini memang lebih cepat dari rencana dimana gunung Rinjani tutup hingga 31 Maret 2022. Namun akhirnya dibuka lebih awal dalam rangka mendukung pelaksanaan event MotoGP Mndalika 18 – 20 Maret 2022. Pembukaan ini juga menerapkan protokol kesehatan ketat dan juga wajib booking online melalui aplikasi eRinjani yang sudah tersedia di playstore.
24 Salak Tutup Semua Jalur Saat ini Gunung Salak masuk ditutup dan belum ada informasi lebih lanjut untuk pembukaan kembali jalur pendakiannya.
25 Semeru Tutup Semua Jalur Seluruh wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Gunung Bromo dan Gunung Semeru) TUTUP sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini terkait dengan perpanjangan PPKM level 4 di seluruh wilayah Indonesia. Karena semakin masifnya penyebaran virus COVID 19 di Indonesia. Ditambah lagi dengan erupsi yang dialami gunung Semeru pada Sabtu 4 Desember 2021 membuat pembukaan pendakian gunung tertinggi di pulau Jawa ini belum bisa dipastikan dalam waktu dekat.
26 Sindoro Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung via Sigedang via Bansari via Bedakah dan via Banaran kembali BUKA mulai 26 Juli 2021 dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Sebelumnya sempat TUTUP pada 4 – 20 Juli 2021 karena penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali untuk melawan penyebaran virus COVID 19.
27 Sumbing Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Sumbing via Batusari via Gajah Mungkur via Bowongso dan via Sipetung BUKA untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19. Sementara untuk jalur pendakian via Kaliangkrik Butuh (Nepal van Java) via Banaran via Garung dan via Mangli TUTUP sementara sejak 29 Juni 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan karena perpanjangan PPKM.
28 Slamet Buka Semua Jalur Jalur Pendakian Gunung Slamet via Cemara Sakti – Pemalang via Guci (BC Permadi BC Kompak BC Gupala) – Tegal via Kaliwadas – Brebes BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19. Untuk Jalur Pendakian Gunung Slamet via Bambangan dan via Gunung Malang – Purbalingga di TUTUP sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini dilakukan karena terjadi kondisi cuaca ekstrem di puncak Gunung Slamet. Untuk Jalur Pendakin via Baturaden – Purwokerto (basecamp Radenpala) BUKA untuk umum. Para pendaki harus mempersiapkan fisik dan logistik yang memadai karena jalur Baturaden ini merupakan salah satu jalur pendakian terpanjang Gunung Slamet. Untuk jalur via Dipajaya – Pemalang dalam status TUTUP. Sementara untuk jalur pendakian via Juramangu dan via Penakir masih belum ada kabar tentang pembukaan kembali pendakiannya. Para pendaki diharapkan mematuhi penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan virus COVID 19.
29 Telomoyo Buka Semua Jalur BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat untuk melawan penyebaran virus COVID 19.
30 Ungaran Buka Semua Jalur Pendakian Gunung Ungaran via Perantunan via Mawar dan via Medini BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat untuk melawan penyebaran virus COVID 19.
31 Welirang Tutup Semua Jalur Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang via Tretes dan via Tambaksari (Purwosari) via Lawang via Sumber Brantas via Cangar TUTUP SEMENTARA mulai 21 Maret 2022.Penutupan ini dilakukan usai ada pendaki hilang atas nama M. Naam Kurniawan yang terpisah dari rombongan saat turun gunung.
31 Wilis Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Wilis via Candi Penampihan via Taman Kelir dan via Jurang Senggani BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19.
32 Lembu Buka Semua Jalur Belum ada info terbaru.
33 Agung Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Agung Bali BUKA karena turunnya status aktivitas gunung dari Level II (Waspada) menjadi Level I (Normal) per tanggal 13 September 2021. Dengan penurunan status ini Gunung Agung bisa didaki dengan aman sampai ke puncak. Namun untuk pendakian ke gunung Agung ini wajib bersama guide yang ada di desa lokasi starting point jalur pendakian.
34 Batur Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Batur di Bali BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19.
35 Leuser Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Leuser yang merupakan jalur pendakian terpanjang se Asia Tenggara ini BUKA untuk umum. Para pendaki diwajibkan untuk benar-benar mempersiapkan fisik mental logistik dan pengetahuan survival dasar dengan baik. Hal ini karena waktu tempuh jalur pendakian Gunung Leuser ini membutuhkan sekitar 14 hingga 17 hari. Sehingga management logistik dan juga pengetahuan survival dasar wajib untuk dikuasai oleh para pendaki.
36 Sinabung Buka Semua Jalur Belum ada informasi terbaru.
37 Marapi Buka Semua Jalur Jalur Pendakian Gunung Marapi BUKA dengan penerapan protokol kesehatan ketat pencegahan COVID 19.
38 Singgalang Buka Semua Jalur Belum ada informasi terbaru.
39 Dempo Buka Semua Jalur Belum ada informasi terbaru.
40 Bukit Raya Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Bukit Raya di Kalimantan BUKA. Para pendaki wajib izin kepada kepala adat dan melakukan upacara adat jika ingin mendaki ke atap Kalimantan ini. Selain itu para pendaki juga harus menyiapkan fisik manajemen logistik dan perlengkapan yang safety serta mental yang kuat karena terek dan medan pendakian gunung Bukit Raya ini begitu berat dan panjang.
41 Cartenz Buka Semua Jalur Jalur Pendakian ke Puncak Carstensz Pyramid – Pegunungan Jayawijaya – Papua via udara (Helikopter) dari Nabire ke Yellow Valley BUKA. Namun biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal karena harus menyewa helikopter. Sementara itu untuk jalur pendakian via Sugapa via Illaga dan via PT Freeport di TUTUP untuk mencegah penyebaran virus covid 19. Selain itu penutupan ini juga diperparah dengan kondisi kemanan di jalur pendakian menuju Cartenz yang masih zona merah imbas dari baku tembak KKB dengan TNI dan Polri di Intan Jaya Papua.
42 Lawu Buka Semua Jalur Jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Ceto dan via Cemoro Kandang di BUKA namun dalam tahap uji coba pembukaan sejak 22 Agustus 2021. Uji coba pembukaan ini untuk tahap pertama hanya para pendaki yang emiliki KTP Jawa Tengah saja yang bisa mendaki gunung Lawu via Candi Ceto dan via Cemoro Kandang. Tentunya penerapan prokes ketat pencegahan covid 19 dan juga pembatasan kuota pendakian tetap diterapkan di masa uji coba pembukaan ini. Sementara jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu dan via Singolangu TUTUP sementara mulai 3 Juli – 16 Agustus 2021 terkait pelaksanaan PPKM Darurat Jawa dan Bali yang diperpanjang menjadi PPKM Level 4 seluruh Indonesia untuk melawan penyebaran virus COVID 19 yang makin masif. Namun hingga kini belum ada info resmi pembukaan kembali jalur pendakian gunung Lawu.

Artikel ini akan diperbaharui jika terdapat informasi baru seputar jalur pendakian gunung. Jika teman-teman mengetahui info terbaru buka dan tutupnya gunung, bisa bantu update dikomentar, semoga terbantu dengan adanya artikel informasi buka dan tutup gunung ini.

Komentar Facebook