informasi [klik]Info status buka dan tutup gunung terupdate 2018

Mendaki dengan Perlengkapan secukupnya


Exploregunung – Mendaki gunung harus memerlukan persiapan matang dan barang bawaan yang sangat berguna untuk memudahkan Anda saat mendaki gunung.

Membawa barang bawaan yang berat dan tidak terlalu penting akan menyulitkan Anda untuk mendaki gunung dan memupuskan harapan untuk dapat mencapai puncak gunung. Berikut beberapa trik agar perjalanan mendaki gunung menyenangkan:

  1. Ransel
    Pemilihan tas sangat terpenting, hal itu agar memudahkan anda membawanya. Tas carrier sangat cocok untuk mendaki gunung. Desainnya yang ringan akan tidak memberatkan anda saat membawanya saat mendaki gunung.
  1. Pakaian Ganti Secukupnya
    Anda sebenarnya cukup membawa Sweater, jaket, dua helai kaos serta pakaian dalam secukupnya. Pakailah jaket saat Anda pergi agar meringankan beban bawaan di tas.
  1. Sleeping Bag atau Tenda
    Bawalah tenda yang baik dan sarung tidur (sleeping bag) yang mampu menutupi seluruh tubuh dengan baik. Dengan membawa perlengkapan ini kita akan terhindar dari hawa dingin yang menusuk saat tidur.
  1. Sepatu atau Sandal Gunung
    Namanya mendaki dimana kita akan berjalan kaki, tentunya alas kaki yang memadai diperlukan karena digunung kita akan melalui berbagai macam medan mulai dari hutan, semak belukar, pasir, bebatuan, lumpur dan juga sungai atau genangan air. Sepatu atau sendal gunung sangat pas untuk melakukan pendakian gunung.
  1. Peralatan Navigasi
    Peralatan navigasi diperlukan untuk menunjukkan arah atau membantu anda dalam keadaan tersesat. Peralatan tersebut diantaranya GPS, peta dan kompas.
  1. Obat-Obatan Pribadi
    Siapkan obatan-obatan pribadi apalagi jika anda mempunyai penyakit khusus misalnya alergi, dll. Obat-obatan ringan lainnya yang bisa dibawa diantaranya obat luka, minyak kayu putih, madu, balsem dan obat sakit kepala.
  1. Makanan Cepat Saji
    Lebih baik membawa makanan yang praktis dan tahan lama seperti mi, makanan kalengan, roti, sereal, susu, dan juga banyak air putih.
  1. Peralatan Makan
    Intinya membawa tempat yang bisa dipakai untuk makan dan sekaligus menyimpan makanan dalam ukuran kecil sehingga gampang dimasukkan ke dalam tas. Ada baiknya membawa gelas dan sendok serta tempat air.

Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman exploregunung, jangan lupa di share 🙂

Komentar Facebook