Mendaki Gunung Cikuray – Jalur Pendakian Hutan Rimba

Exploregunung.com – Gunung Cikuray merupakan salah satu gunung di Indonesia yang dapat dijadikan trek pendakian favorit dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat. Tidak hanya terkenal dengan dodolnya, Garut juga populer akan destinasi gunungnya yaitu gunung Cikuray. Namanya memang tidak terlalu mainstream seperti gunung Gede ataupun gunung Ciremai, karena memang untuk mengakses gunung Cikuray lumayan susah dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk itulah gunung Cikuray hanya ditujukan untuk pendaki-pendaki bernyali yang anti-mainstream, dan menginginkan hal-hal baru dalam pendakian. Gunung Cikuray mempunyai bentuk kerucut sempurna, dan memiliki ketinggian 2.821 mdpl. Bagi kamu yang tinggal di Jabodetabeka, akses ke gunung Cikuray tidak terlalu jauh dan dapat menjadi next to-do-list pendakian kamu selanjutnya.

Gunung kebanggan masyarakat Garut ini terletak di perbatasan Kecamatan Bayongbong, Dayeuh Manggung dan Cikajang. Bagi kamu yang hanya ingin sekedar mengeksplorasi keindahan alam di Gunung Cikuray kamu bisa mengkombinasikannya dengan destinasi-destinasi gunung terdekat dengan gunung Cikuray seperti gunung Papandayan dan gunung Guntur. Apalagi untuk pengunjung non-Jawa Barat, paket wisata tersebut sangat direkomendasikan. Ketiga gunung tersebut memiliki panorama alam yang sangat luar biasa, terdapat spot-spot wisata seperti bukit, air terjun, tebing dan lain-lain. Gunung Cikuray ini selain memiliki keindahan alam first-class juga memiliki flora fauna unik khas Indonesia.

Akses ke gunung cikuray

Untuk mengakses gunung eksotis kepunyaan Garut ini, kamu bisa menggunakan kendaraan umum dari Bandung untuk bisa mencapai terminal guntur di Garut. Setelah itu dilanjutkan menuju jalur pendakian. Untuk mencapai titik awal pendakian, kamu bisa berjalan kaki dari jalan raya ke stasiun pemancar TV yang merupakan first-spot gunung Cikuray. Perjalan ke titik awal pendakian memakan waktu hingga 3 jam, kamu bisa menggunakan jasa ojek untuk mempercepatnya.

Nah setelah sampai di titik awal pendakian yaitu stasiun pemancar, kamu bisa sedikit bersitirahat dan melakukan berbagai persiapan pendakian. Suasana di stasiun pemancar juga sangat indah, selain udaranya yang sejuk juga terdapat berhektar-hektar perkebunan teh. Kamu bisa berjalan-jalan sejenak disekitaran kebun teh kaki gunung Cikuray. Persiapan pendakian bisa dilakukan seefektif mungkin, kamu bisa mengisi persediaan air untuk pendakian, karena perlu diketahui bahwa sangat sedikit sumber air di jalur pendakian gunung Cikuray.

Pemancar di Kaki Gunung Cikuray foto: gagasdestinasi
Pemancar di Kaki Gunung Cikuray foto: gagasdestinasi

Setelah melakukan preparasi di stasiun pemancar, kamu bisa memulai perjalanan pendakian. Pada starting-point ini, kamu harus melewati jalur panjang kebun teh. Setelah melalui satu fase perjalanan, kamu akan menemukan pos pendataan pendaki. Disini kamu bisa mengisi buku tamu dan memberikan donasi untuk perawatan pos pendataan tersebut. Kamu bisa memutuskan apa mau istirahat atau melanjutkan perjalanan. Setelah melalui pos pendataan kamu akan menemukan punggungan yang memiliki jalan gersang. Disini kamu bisa melihat trek pendakian dengan sangat jelas, terlihat trek menuju puncak dan juga pemandangan kebun teh dibawah. Setelah itu kamu dapat melanjutkan perjalanan ke pintu rimba.

A photo posted by pipin ajah (@pipipipin) on

Patut diperhatikan bahwa jalur menuju puncak gunung Cikuray sangat-sangat curam dan terjal, saking ekstremnya pendaki akan kesusahan untuk mendirikan basecamp ideal untuk beristirahat. Apa yang akan kamu temukan selanjutnya adalah trek hutan rimba, kamu akan menemukan trek ekstrem dengan pepohonan besar dan juga lembabnya hutan. Karena treknya yang licin, pendaki harus berhati-hati dan bisa berpegangan di akar-akar besar pepohonan. Area dekat dengan puncak masih hutan belantara, namun terdapat pos-pos yang bisa digunakan untuk membuat basecamp sementara.

A photo posted by JEPRET NGASAL (@jepret_ngasal) on

Setelah itu kamu bisa mencapai puncak gunung Cikuray, disini kamu bersama teman-teman bisa mendirikan tenda karena areanya yang lumayan landai. Total waktu perjalanan dari stasiun pemancar menuju puncak gunung Cikuray berkisar 12 jam perjalanan. Diatas puncak gunung Cikuray, kamu bisa melihat pemandangan luar bisa dari atas awan. Bagi kamu yang memiliki rencana melakukan pendakian dalam waktu dekat ini, gunung Cikuray sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Gunung Cikuray memiliki trek hutan rimba yang sangat eksotis, kamu bisa berkeringat dan juga basah-basahan saat mendaki gunug Cikuray ini, dan untuk pendaki anti-mainstream, gunung Cikuray ini sangat cocok.

Komentar Facebook