Moment-Moment Yang Bakal Bikin Kamu Kangen Mendaki Gunung

Exploregunung – Sudah banyak sekali pembahasan mengenai manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari kegiatan mendaki gunung. Tak heran, dari tahun ke tahun, jumlah orang yang menggemari hobby mendaki gunung semakin meningkat pesat. Gunung-gunung yang tadinya sepi, kini semakin ramai dikunjungi para pendaki yang mencari petualangan atau sekedar ingin lari dari rutinitas.

Belakangan kegiatan ini menjadi semakin populer saja di kalangan anak muda Indonesia. Mendaki menjadi trend tersendiri yang menarik minat banyak orang untuk ikut meramaikan khazanah dunia pendakian di Indonesia. Meski tergolong kegiatan yang cukup ekstrem dengan berbagai bahaya dan resiko yang berat, mendaki gunung tetap disukai banyak orang sebagai aktivitas pengisi waktu liburan. Kali ini kami akan mencoba memberikan bahasan mengenai momen-momen yang membuat banyak orang jatuh cinta dengan kegiatan mendaki gunung. Langsung saja mari kita bahas satu persatu.

 

Perjalanan Panjang nan Melelahkan

Lelah, lesu, capek, pegel, itu mah pasti kamu rasain, tapi dari perjalanan panjang tersebut pasti kamu bakal dapet sesuatu. Ada banyak cerita yang terukir dari setiap pendakian yang dilakukan, beberapa diantaranya pasti bakal kamu ingat seumur hidupmu. Ya, banyak orang bilang sensasi mendaki gunung yang paling utama itu bukan menggapai puncak, namun lebih kepada perjalanan dan segala pengorbanan yang sudah kamu lakukan. Ada nilai-nilai tersendiri yang bakal sangat bermanfaat atau bahkan bisa mengubah arah hidupmu, yang bisa didapat dari pengalaman perjalanan pendakian yang kamu lakukan dengan susah payah.

 

Bertemu dengan Tempat-Tempat Indah

Sudah bukan rahasia lagi kalo gunung itu selalu punya tempat-tempat indah yang tersimpan rapat di dalam segala bahaya dan misterinya. Tak semua orang bisa menapaki tempat-tempat indah ini, karena biasanya tempat indah yang ada di gunung itu sangat sulit untuk dicapai oleh kendaraan, sehingga butuh perjuangan untuk dapat sampai di sana. Jangan kaget ketika kamu sedang lelah-lelahnya berjalan, tiba-tiba kamu bertemu dengan danau indah macam ranu kumbolo, atau padang savana nan megah macam yang ada di gunung Argopuro atau Merbabu. Saat itu, dijamin rasa lelahmu bakal hilang seketika terbayar dengan keindahan yang memanjakan mata.


Dapat Teman Baru

Pendaki gunung itu terkenal dengan keramahan dan kepedulian tinggi antar sesama pendaki. Jadi jangan kaget jika kamu mendapat masalah saat mendaki akan selalu ada pendaki lain yang siap membantu dan menolong. Sapaan akrab nan hangat hampir pasti akan kamu dapatkan saat berpapasan dengan pendaki lain, meski tak saling kenal. Jika kamu pintar bergaul dan berkomunikasi, bukan tak mungkin kamu bakal dapat teman baru dari setiap perjalanan pendakian yang dilakukan. Dan kadang hubungan pertemanan itu bisa berlanjut dengan melakukan pendakian bersama di kemudian hari.

Ngopi Bareng Teman Seperjalanan

Survey membuktikan kalo ngopi di warung sama ngopi di gunung itu rasanya beda jauh, mungkin karena suasana dan momennya kali ya. Menikmati secangkir kopi hangat di tengah dinginnya udara pegunungan pastinya nikmat banget, apalagi dinikmati sambil bercengkrama dengan teman, bercerita tentang mendaki, ditambah sedikit canda tawa, kenikmatannya pasti luar biasa. Meski tak semua pendaki suka ngopi, dari dulu sampe sekarang pendaki gunung sama kopi itu sudah seperti pasangan serasi yang sulit terpisahkan. Ada kenyamanan, kenikmatan, dan keakraban dalam hangat secangkir kopi.

 

Sampai di Puncak Tertinggi

Tak bisa dipungkiri, siapa saja yang melakukan perjalanan mendaki, pasti punya satu tujuan yang sama, yakni puncak tertinggi dari gunung yang didaki. Menapaki tanah tertinggi memberikan sensasi tersendiri yang tak ada bandingannya. Apalagi jika puncak yang kamu tapaki adalah puncak pertama dalam hidupmu, perasaanmu dijamin bakal campur aduk tak karuan, antara bahagia, syukur, sedih, haru, bangga, dan lain sebagainya. Tak sedikit mereka yang langsung bersujud sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta. Dan satu hal yang pasti, kamu bakal disuguhi pemandangan super indah dari atas puncak sana (meski tak semua puncak gunung punya view pemandangan bagus). Momen menggapai puncak ini pastinya bakal bikin kamu ketagihan mendaki gunung berikutnya.

Sunrise & Sunset

Siapa yang tak suka dengan momen-momen ini. Muncul dan tenggelamnya matahari selalu memunculkan warna berbeda yang bakal menghiasi langit hingga menampakkan keindahan yang luar biasa. Di tempat manapun, pemandangan sunrise dan sunset selalu menampakkan keindahan tersendiri, nah apalagi kamu menikmati momen ini dari atas puncak gunung, wiih, pasti viewnya super amazing dong. Ditambah lagi kalo ada lautan awan yang menghampar, so pasti keindahannya tak akan tertandingi lagi. Banyak sekali para pendaki (kebanyakan pecinta fotografi) yang sengaja mendaki gunung karena ingin menikmati dua momen indah ini.

Dapet Foto-Foto Super Kece

Kamu kehabisan stock foto untuk diunggah di media sosial? Jangan-jangan kamu kurang piknik nih. Cobalah mendaki, guys! Ada banyak tempat-tempat indah yang bisa jadi background fotomu biar nampak lebih kece. Jika kamu sering mendaki, pastinya kamu nggak bakalan kekurangan stock foto untuk diunggah dan dipamerin di akun media sosial kamu.

Itulah sedikit bahasan yang bisa kami berikan, beberapa diantara kamu mungkin tidak setuju dengan bahasan yang ada dalam tulisan ini, atau mungkin punya pendapat lain yang berbeda dari pandangan penulis. Silahkan meluangkan waktu untuk menuliskannya di kolom komentar yang tersedia di bawah. Selalu utamakan keselamatan dalam melakukan pendakian. Salam Lestari!

(Tulisan dariĀ 

Komentar Facebook