Pendaki Gunung Tuna Daksa Ini, Lanjutkan Ekspedisi ke Gunung Aconcagua

Sabar Gorky/NET
Sabar Gorky/NET

Exploregunung – Pendaki gunung tunadaksa berkaki satu dari Indonesia, Sabar Gorky akan mendaki Gunung Aconcagua, Argentina, bersama Tim Ekspedisi Indonesia Raya. Rencananya, tim akan bertolak menuju Argentina pada Kamis (18/2/2016) malam pukul  22.00 WIB.

“Banyak mengatakan orang tuna daksa itu sampah. Saya mau berusaha untuk merubah image itu dengan mendaki gunung ini. Mudah-mudahan kegiatan ini cepat selesai,” kata Sabar dalam sambutan Konferensi Pers Pendakian Gunung Aconcagua di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (18/2/2016)

Sabar mengatakan pendakian kali ini akan dibantu kembali oleh lima anggota Korps Marinir TNI AL. Sebelumnya pada pendakian Gunung Carzstenz di Papua, Sabar juga mendaki bersama Korps Marinir TNI AL.

“Ini adalah kali kedua anggota Korps Marinir ikut dalam pendakian Pak Sabar. Sebelumnya kami juga mendampingi Pak Sabar dalam misi di Carstensz. Ekspedisi Indonesia Raya ini akan dicatat dalam sejarah sebagai bukti lain dari kemanunggalan TNI dan rakyat,” ujar Komandan Buyung Lalana.

Pendakian Gunung Aconcagua direncanakan berlangsung sekitar 20 hari. Selain Sabar Gorky, Tim Ekspedisi Indonesia Raya diperkuat lima anggota Korps Marinir TNI AL, yakni Letkol Rivelson Saragih, Kopda Sigit Purwoko, Kopda Imam Rozikin, Praka Erlando B., dan Praka Didik Rudiyanto.

“Sampai Argentina, menginap di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Argentina. Kita lanjutkan jalan ke Mendoza, di sisi selatan Aconcagua kita camp untuk aklimatisasi. Kita targetkan sampai puncak pada 5-6 Maret 2016,” jelas Sabar.

Dua pendaki lain adalah aktivis pecinta alam Asep Sumantri dan Syatiri Achmad Aswani. Adapun satu-satunya wanita dalam Tim Ekspedisi Indonesia Raya adalah Widya Victoria yang merupakan salah seorang redaktur Rakyat Merdeka Online.

“Ini adalah kali kedua anggota Korps Marinir ikut dalam pendakian Pak Sabar. Sebelumnya kami juga mendampingi Pak Sabar dalam misi di Carstensz. Ekspedisi Indonesia Raya ini akan dicatat dalam sejarah sebagai bukti lain dari kemanunggalan TNI dan rakyat,” ujar Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen Buyung Lalana

Gunung Aconcagua akan menjadi gunung tertinggi keempat di dunia yang didaki Sabar Gorky. Sebelumnya, Sabar telah meraih puncak Gunung Elbrus di Rusia (5.642 mdpl) pada Agustus 2011, Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika (5.895 mdpl) pada November 2011 dan Puncak Carstensz di Papua, Indonesia (4.884 mdpl) pada Agustus 2015.

Ekspedisi Indonesia Raya didukung penuh Yayasan Artha Graha Peduli, Rakyat Merdeka Online dan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, serta sejumlah pihak lain seperti Kementerian Pariwisata, PT. Telkom Tbk., Kosgoro 1957, dan Matahari Mall.

KOMPAS

Komentar Facebook