Perlengkapan Umum Dalam Panjat Tebing

Exploregunung – Panjat tebing bisa menjadi aktivitas menyenangkan bagi para pecinta alam, namun bagi orang-orang dengan acrophobia akut atau orang dengan ketakutan berlebihan pada ketinggian, panjat tebing bisa menjadi olahraga paling menyeramkan di muka bumi ini. Namun bagi kamu seorang mountaineer addict, panjat tebing merupakan salah satu aktivitas paling diinginkan jika berada di sebuah gunung. Mungkin banyak dari pendaki pemula yang sudah merasakan asyiknya memanjat tebing artificial pada panjat tebing indoor, berteriak, berkeringat, lutut lemas merupakan hal biasa. Dan setelah tau rasanya memanjat tebing, seorang climber pastinya tahu betapa pentingnya perelengkapan memanjat tebing. Dan untuk menjawab keingin tahuan para pembaca Explore Gunung, apa saja sih perlengkapan umum dalam panjat tebing, berikut ulasannya.

  • Climbing Shoes
    Peran climbing shoes atau sepatu pendakian merupakan yang terpenting pada saat panjat tebing. Climbing shoes dengan bagian karet agak lengket di bagian dasar sepatu akan memberikan kenyamanan saat mendaki tebing. Sepatu agak lengket merupakan penemuan luar biasa, khususnnya pada dunia panjat tebing, dan fungsinya sangat bermanfaat terutama untuk menghindari gesekan pada area yang sulit. Selain itu biasanya climbing shoes mempunyai daya tahan lebih dibanding sepatu-sepatu lainnya. Sepatu pendakian harus sebisa mungkin melekat pada kaki, dan biasanya dipakai tanpa kaus kaki. Terdapat tiga macam gaya dari sepatu pendakian yaitu velcro, lace-up dan slip-on. Semuanya bagus untuk dipakai pada saat panjat tebing, namun secara umum lace up (sepatu dengan tali) sangat cocok untuk pendakian jarak jauh, sedang untuk velcro dan slip-on biasanya dipakai untuk jarah sedang.
  • Karabiner
    Karabiner sangat penting bagi kegiatan panjat tebing, terutama untuk mengaitkan atau menganyam tali atau apapun pada saat panjat tebing. Terbuat dari material metal, karabiner berfungsi sebagai penyangga tali, dan sangat-sangat bermanfaat buat climber pada saat diatas tebing.
  • Kapur
    Kapur yang digunakan untuk panjat tebing sama dengan yang dipakai pada olah raga senam bebas. Terbuat dari karbon magnesium dapat membantu dalam menggenggam tepi tebing dan menghindarkan climber dari gesekan. Beberapa pendaki memutuskan untuk tidak memakai kapur karena alasan estetika dan etika, namun kami rekomendasikan agar memakai kapur untuk alasan keamanan.
  • Tas Kapur
    Setelah mendapatkan kapur, maka yang diperlukan selanjutnya adalah tas kapur. Tidak ada aturan baku mengenai penggunaan tas kapur ini, pendaki bisa membeli tas kapur sesuai dengan postur tubuhnya. Biasanya tas kapur ini juga dipakai sebagai ‘fashion statement’ atau supaya pendaki lebih terlihat keren saat berada di atas tebing. Namun pastikan tas kapur tersebut disertai dengan sabuk yang kuat dan tidak gampang putus.
  • Harness
    Harness merupakan pakaian pendaki, yang meliputi hampir seluruh tubuh. Harness merupakan salah satu peralatan paling vital dalam panjat tebing, fungsinya untuk melekatkan tali atau berbagai keperluan lainnya.
  • Belay
    Belay merupakan suatu alat dimana pendaki bisa mengontrol gerakan tali pada tubuh, saat pendaki hilang kontrol pada tali, maka belay dapat menjadi penyelamat. Belay dewasa ini terbuat dari aluminum dan dilekatkan dengan karabiner pada harness. Pastikan kamu tidak lupa untuk membawa belay pada saat panjat tebing, karena fungsinya sangat-sangat vital.
  • Tali
    Perlengkapan yang sangat penting pada saat penjat tebing, tali khusus pendakian bisa menjadi garis antara kehidupan dan kematian bagi seorang climber. Setiap tali pendakian biasanya terbuat dari bahan serat organis yang mampu meregang dalam tekanan tinggi. Tali pendakian modern menggunakan polimer yang dibuat hingga menjadi serat tipis.
  • Quickdraw
    Quickdraw merupakan sling pendek (dogbone) yang dikombinasikan dengan karabiner pada tiap-tiap ujungnya. Sling pendek tersebut biasanya dijahit secara permanen, dan satu sisinya sangat kuat untuk menghidari karabiner agar tidak berputar. Quickdraw merupakan cara terbaik untuk melekatkan palang saat berada ditengah-tengah rute pendakian. Jika tujuan kamu memanjat tebing untuk berkompetisi, maka quickdraw sangat bisa diandalkan, pastikan kamu membeli quickdraw yang solid dan tidak cepat rusak untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:
Mengenal Lebih Dekat Rock Climbing (Teknik Panjat Tebing)
Dasar-Dasar Panjat Tebing (Rock Climbing)

Komentar Facebook