Persiapan Menjelang Pendakian Gunung

Exploregunung.com – Menjelang pendakian gunung  memerlukan persiapan yang matang karena pendaki akan dihadapkan pada perjalanan jarak jauh, medan yang menantang, dan kondisi cuaca yang tak menentu. Ketika kita memutuskan untuk mendaki maka kita harus menjamin bahwa kondisi tubuh kita dalam keadaan fit, kita juga harus menjamin sudah memiliki perlengkapan yang lengkap dan lain-lainnya. Persiapan menjelang pendakian gunung sangat penting agar perjalanan pendakian bisa berjalan dengan aman dan lancar. Manfaat dari persiapan menjelang pendakian adalah kita bisa lebih leluasa mengatur ritme perjalanan dan memprediksi apa saja yang akan dihadapi pada saat proses pendakian.

Pendaki Gunung photo: kta-hike.org
Pendaki Gunung photo: kta-hike.org

Persiapkan Kondisi Tubuh dan Pastikan Dalam Keadaan Fit

Sebelum mendaki gunung kamu harus melakukan latihan fisik minimal satu bulan sebelum hari pendakian itu tiba. Pola latihannya adalah latihan rutin setiap hari, dan setiap harinya kamu bisa terus meningkatkan kebugaran tubuh hingga hari H itu tiba. Pergunakan olah raga yang dipenuhi dengan gerakan dinamis, yang bertujuan untuk meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang sangat diperlukan saat mendaki gunung. Kamu bisa melakukan lari-lari kecil diselingi dengan lari sprint, latihan sit-up dan push-up juga bisa kamu lakukan. Sebelum melakukan latihan tersebut sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan, sekitar 10 menit.

Persiapkan Kekompakan Tim

Kamu pastinya tidak akan mendaki gunung sendirian bukan? Karena mendaki gunung sendirian itu sangat tidak lucu. Kerjasama antara pendaki sangatlah penting, karena usaha dari satu orang saja tidak akan cukup dalam proses pendakian. Untuk melatih kekompakan tim, kamu bisa melakukannya dengan latihan fisik bersama dan dengan jadwal yang telah ditentukan. Atau kamu bisa melakukan berbagai aktivitas sepanjang persiapan menjelang pendakian.

Cari Tahu Informasi Mendetail Mengenai Gunung yang Akan didaki

Untuk mencari tahu kondisi gunung yang akan didaki, kita harus tahu kondisi terakhir dari gunung tersebut. Inilah beberapa hal yang mesti kamu perhatikan sebelum menddaki gunung:

  • Kondisi cuaca terbaru dari gunung, termasuk temperatur rendah, temperatur tinggi, curah hujan dan kelembaban.
  • Kondisi jalan dan area permukaan gunung.
  • Tumbuhan dan hewan yang mungkin hidup di gunung tersebut.
  • Catatan-catatan mengenai gunung yang akan didaki.
  • Ketinggian gunung dan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mencpai puncak gunung dan perjalanan pulang menuju dasar gunung.

Setelah mengetahui semua hal-hal tersebut, kamu bisa memprediksikan hal lainnya yang harus dipersiapkan.

Baca Juga: [UPDATE] Informasi Status Buka dan Tutup Gunung 2016

Mempersiapkan Perlengkapan dan Perbekalan

Pendakian gunung memerlukan peralatan dan perbekalan yang lengkap, dan pastikan kamu mempersiapkannya sebelum hari pendakian itu tiba. Beberapa alat penting dalam pendakian yaitu kompas (sebaiknya setiap orang membawa satu atu dua kompas), jas hujan, tenda untuk mengakomodasi jumlah pendaki, sepatu gunung, sepatu boot (jika diperlukan), baju ganti, kompor gas kecil, korek dan senter, kerosene, baju hangat, krim UV, obat-obatan pribadi, dan perlengkapan pribadi seperti tisu, kantong plastik, balsem dan lain-lain.

Setelah selesai mempersiapkan perlengkapan, kamu juga mesti mempersiapkan makanan dan minuman yang diperlukan saat pendakian. Jumlah makanan dan minuman yang harus kamu bawa harus sesuai dengan jarak perjalanan yang mesti kamu tempuh, kamu bisa melakukan analisa dengan anggota tim yang lainnya. Terdapat beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk dibawa pada saat pendakian, dan juga beberapa minuman yang kamu bawa harus sesuai dengan kondisi gunung yang akan didaki. Beberapa makanan tersebut yaitu coklat, mie instan, roti gandum, dan jangan lupakan buah-buahan yang mempunyai kadar air tinggi seperti apel dan jeruk. Beberapa minuman yang mesti dibawa adalah air putih, kopi, minuman jahe, teh, dan bagi yang mengkonsumsi alkohol bisa membawa bir (namun jangan terlalu banyak meminumnya).

Persiapan Akhir

Sebelum kamu memulai proses pendakian, pastikan kamu cek kondisi kesehatan sekali lagi, karena setelah kamu mendaki gunung dan mencapai pertengahan gunung, kamu tidak bisa mundur lagi kebelakang. Jangan lupa untuk berdo’a sesuai dengan kepercayaan yang kamu anut dan kami harap kamu dapat mencapai puncak dan kembali dengan selamat.

Demikian beberapa persiapan yang harus kamu lakukan menjelang pendakian gunung, semoga bermanfaat, tetap menjaga keselamatan yang lebih utama. Selamat mendaki.

Komentar Facebook