Rekomendasi Gunung Populer di Maroko Yang Fenomenal

Exploregunung.com – Maroko merupakan negara di Afrika Utara yang mempunyai bentang alam yang sangat indah. Kota Marrakesh bahkan disebut-sebut sebagai destinasi wisata terbaik di dunia, dan mempunyai berbagai spot alam yang tiada duanya. Begitupula dengan gunung-gunung yang ada di Maroko, dimana para turis sering menghabiskan banyak waktu menikmati suasana pegunungan khas Afrika Utara ini. Keindahan alam, keramahan warga dan juga eksotisme bangunan membuat Maroko menjadi tempat favorit bagi orang-orang di seluruh dunia. Dalam artikel ini, Explore Gunung akan mengeksplorasi beberapa gunung yang ada di Maroko, dimana gunung-gunung ini sangat cocok untuk kegiatan pariwisata gunung.

3357798098_9c6828f7e6_o
Gunung Toubkal

Gunung Toubkal

Gunung Toubkal berada di wilayah pegunungan Atlas di Maroko, merupakan puncak tertinggi di Afrika Utara dengan ketinggian 4,165 mdpl. Tempat ini sering dijadikan destinasi pendakian profesional maupun amatir. Terdapat trek yang memudahkan pendaki untuk mencapai puncaknya, meskipun tidak terlalu ekstrem namun mendaki gunung ini disuguhi dengan pemandangan yang sangat cantik. Tidak dipungkiri lagi bahwa pegunungan Atlas merupakan tempat paling indah di Maroko, tempat ini tetap mempertahankan kesunyiannya meskipun telah memasuki era modern. Terdapat desa-desa yang mencerminkan kebudayaan khas Maroko, kamu bisa mengunjungi desa Imlil diatas pegunungan Atlas. Pemandangan gunung salju, tebing curam, pepohonan akasia dan desa-desa kecil yang eksotis membuat perjalanan ke puncak gunung Toubkal menjadi sangat luar biasa.

Gunung Rif

Perpaduan antara kebudayaan lokal dengan pemandangan gunung yang sangat indah, gunung Rif bahkan disebut-sebut sebagai destinasi paling ‘Maroko’. Pegunungan Rif juga berbatasan langsung dengan laut Alboran, yang membuat pemandangannya semakin luar biasa. Namun wilayah ini sering dijadikan sebagai ladang penanaman ganja selama bertahun-tahun, namun mulai berkurang dewasa ini. Gunung ini juga menjadi salah satu trek favorit para pendaki dengan tebing kapur, ngarai, lembah dan aliran sungai. Kota Chefchaouen merupakan pintu masuk paling terkenal untuk para turis yang berencana mengeksplorasi keindahan dari pegunungan Rif ini. Untuk pendaki profesional, kota Chefchaouen juga bisa menjadi starting point untuk perjalanan berhari-hari pendakian gunung, dengan malam hari mendirikan tenda atau tinggal di desa kecil yang terletak di hutan-hutan, sungguh liar dan eksotis!

Baca juga: Tempat Pendakian Terbaik Di Nepal

Gunung M’Goun

Gunung M’Goun merupakan gunung tertinggi ke 4 di pegunugan Atlas Maroko yang memiliki ketinggian 4,071 m. Gunung ini memiliki trek pendakian yang indah, khususnya ketika perjalanan pendakian semakin meninggi, pendaki akan menemukan sungai diatas gunung dan juga pedesan-pedesaan kecil yang sangat tradisional. Puncak gunung tidak begitu sulit untuk didaki pada saat musim panas, namun gunung ini juga mengalami kondisi cuaca dingin dengan lapisan salju yang sangat tebal di bulan Juli. Kebanyakan pendaki menggunakan panduan dari pemandu Berber lokal, yang bisa menyediakan makanan, tenda, anak keledai, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Penggunaan pemandu Berber tidaklah mahal dan memberikan banyak manfaat yaitu pengetahuan mendalam akan medan yang dihadapi, mengerti kultur Berber, kemudahan berkomunikasi dengan penduduk desa yang hanya bisa berbicara bahasa Berber dan Arab, pemilihan lokasi tenda dan pengetahuan akan sumber air. Selain itu pendaki asli Berber bisa mengataso gangguan dari anak-anak desa Berber, dan dengan mudah menempatkan uang di Bank lokal. Semua pemandu biasanya berbicara bahasa Prancis, Inggris, Arab dan Berber.

Secara keseluruhan, gunung-gunung yang berada di Maroko memiliki bentuk yang sempurna dan bisa menjadi tempat latihan sebelum mendaki gunung-gunung ekstrem di dunia. Siapapun yang mengunjunginya akan menikmati gunung-gunung indah, ketenangan dan udara segar. Selain itu Maroko terkenal dengan tempat-tempatnya yang romantis, siapapun akan mendapatkan momen-momen romantis di surganya dunia ini. Bagi kamu yang ingin melepaskan penat setelah berbulan-bulan bekerja didalam ruangan dan menginginkan lokasi yang bisa membuat tenang, maka Maroko bisa menjadi destinasi wisata paling tepat. Kota Marrakesh bisa menjadi starting point karena terdapat gunung-gunung yang luar biasanya indahnya, lalu kamu bisa mengunjungi pegunungan Atlas dan lain-lainnya. Jangan lupakan gunakan pemandu lokal untuk membantu dalam mengatasi hal-hal mendetail saat perjalanan liburan.

Komentar Facebook