Tahun Baru di Gunung Slamet Jalur Pendakian Aman

Exploregunung – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan bahwa jalur pendakian ke Gunung Slamet yang berada di perbatasan Kabupaten Pemalang, Banyumas, dan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, masih aman.

Petugas Jalur Pendakian Gunung Slamet jalur Bambangan, Nur Faizin, di Pekalongan, Senin (21/12), mengatakan memasuki musim hujan, sepuluh jalur pendakian menuju ke arah Gunung Slamet kondisinya masih aman dilalui para pendaki.

“Saat ini, intensitas curah hujan yang mengguyur di sekitar kawasan Gunung Slamet masih ringan sehingga para pendaki masih diperkenankan melakukan aktivitas pendakian,” katanya

Meski kondisi jalur ke Gunung Slamet masih aman, kata dia, PVMBG telah menyiagakan sejumlah petugas “search and rescue” untuk mengamankan jalur pendakian ataupun membantu para pendaki.

“Selama ini jalur Bambangan masih menjadi favorit para pendaki karena terkenal sebagai jalur paling pendek dan menjadi jalur yang banyak ditumbuhi bunga edelweiss,” katanya.

Ia mengatakan PVMBG memperkirakan jalur pendakian ke Gunung Slamet pada malam pergantian Tahun Baru 2016 dipadati ribuan pendaki dari sejumlah daerah.

“Pada momen pergantian tahun baru, jalur pendakian ke Gunung Slamet selalu ramai dipadati para pendaki. Pada pergantian tahun baru sebelumnya sedikitnya 1.600 orang melakukan pendakian ke gunung ini,” katanya.

Ia menambahkan pihaknya menetapkan kegiatan pendakian bersama akan dimulai pada 26 Desember 2015 sampai 1 Januari 2016.

(Sumber via Antara)

Komentar Facebook