in

Tempat Wisata Menarik Untuk Menikmati Keindahan Bunga Edelweiss

Edelweiss Tegal Alun by @mnurulfadhil

Exploregunung – Siapa yang tidak mengenal dengan keindahan dari bunga edelweiss ini, ya selain dikenal karena wanginya yang harum, warnanya yang mempesona juga bunga edelweiss ini memang dikenal memiliki keindahan yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis bunga lainnya, oleh sebab itu maka tak heran jika banyak orang kerap kali mengabadikan bunga edelweiss ini sebagai lambang cinta, ketulusan dan keabadian yang berasal dari puncak dataran tinggi

Bagi Para backpaker terutama para pendaki gunung baik itu pendaki pemula maupun pendaki profesional mungkin sudah sangat akrab dengan bunga edelweiss ini, ya menurut habitat aslinya bunga edelweiss ini hanya hidup di dataran tinggi terutama di daerah yang memiliki suhu tropis di bawah 15” derajat celcius, sedangkan menurut penyebarannya bunga edelweiss ini mudah sekali ditemukan di pegunungan dan dataran tinggi di pulau jawa dan juga sumatera namun karena kurang dijaga kelestariannya bunga edelweiss ini terancam punah, namun anda tak perlu khawatir pasalnya masih ada beberapa Tempat Wisata Menarik Untuk Menikmati Keindahan Bunga Edelweiss ini, nah jika anda penasaran silahkan simak baik-baik penjelasan saya di bawah ini.

[UPDATE] Informasi Status Buka dan Tutup Gunung

1. Alun-Alun Surya kencana

Jika anda ingin menikmati keindahan bunga edelweiss maka tidak ada salahnya jika anda mengunjungi Alun-Alun Surya kencana di gunung gede provinsi jawa barat ini, ya alun-alun surya kencana memang dikenal sebagai salah satu padang edelweiss terbesar di indonesia, tercatat ada lebih dari 50 hektar bunga edelwies yang hidup di ketinggian 2.750 mdpl., adapun untuk mencapai tempat wisata puncak alun-alun surya kencana ini anda perlu mendaki gunung sejauh 11 kilometer atau berkisar 8 jam pendakian dari jalur cibodas gunung gede.

2. Alun-Alun Mandalawangi

Selain di alun-alun surya kencana, tempat wisata menarik lain yang bisa anda jadikan sebagai spot untuk menikmati keindahan bunga edelweiss ialah alun-alun mandalawangi, secara adminsitratif alan-alun mandalawangi ini terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan berjarak sekitar 5 km dari kandang bandak yang merupakan titik temu antara Puncak Gede dan juga Gunung Pangrango, tercatat ada lebih dari 10 hektar bunga edelwies yang hidup di alun-alun mandalawangi ini, namun ketik anda datang ke lokasi ini alangkah baiknya jika anda tidak merusak atau mencabut bunga edelweisss ini secara sembarangan.

3. Tegal Alun

Edelweiss Tegal Alun by @mnurulfadhil
Edelweiss Tegal Alun by @mnurulfadhil

Siapa yang tidak mengenal dengan keindahan pemandangan yang terdapat di tegal alun Gunung Papandayan ini, ya salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Garut ini memang kerap kali dijadikan sebagai destinasi paling populer bagi kalangan pendaki, selain memiliki pemandangan yang sangat indah juga di tegal alun kabupaten garut ini juga dikenal sebagai salah satu tempat tumbuhnya bunga edelweiss, nah oleh sebab itu jika anda ingin menikmati keindahan puncak sambil menikmati keeksostian bunga edelweiss, maka tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke tegal alun ini.

Baca Juga: Pesona Gunung Papandayan

4. Kalimati

Edelweiss Kalimati by @myavinda
Edelweiss Kalimati by @myavinda

Siapa yang nggak tahu bunga edelweiss, atau banyak orang yang memberikan istilah dengan bunga abadi. Kalau dilihat dari bentuknya bunga ini sangat cantik, dan di balik kecantikannya itu tersimpan makna ataupun mitos yang cukup banyak mempercayainya. Butuh perjuangan untuk mendapatkannya, karena bunga yang satu ini biasanya tumbuh di puncak-puncak atau lereng-lereng gunung. Namun begitu, edelweiss dengan latar belakang tanah tertinggi pulau jawa ini memang punya pemandangan yang memanjakan para pendaki yang tiba di kalimati tempat Camp sebelum melanjutkan ke puncak.

Baca Juga: Bunga Keabadian (Edelweis)

5. Sabana 1 Merbabu

Edelweiss Sabana 1 Gunung Merbabu by @mraqieb.co
Edelweiss Sabana 1 Gunung Merbabu by @mraqieb.co

Edelweiss tumbuh lebat terlihat dari Sabana I dan Sabana II pada 2.700 – 2.750 meter dari muka laut. Hamparan Edelweiss seluas 50 hektare ini memanjakan mata pengunjung yang sebagian besar pecinta alam. Di tempat inilah pengunjung menyempatkan diri mengabadikan sang bunga abadi sebagai bukti petualangan ke Gunung Merbabu.

Bunga edelweiss biasanya mekar pada April hingga Agustus. Pada bulan-bulan tersebut pengunjung bisa menikmati keindahannya secara nyata. Terlebih pada 17 Agustus, saat jumlah pendaki Gunung Merbabu mencapai puncaknya, selain momen pergantian tahun.

6. Plawangan Sembalun

Edelweiss Rinjani by oenautourdasie.over-blog.com
Edelweiss Rinjani by oenautourdasie.over-blog.com

Tempat Wisata Menarik Untuk Menikmati Keindahan Bunga Edelweiss yang terakhir ialah plawangan sembalun,  ya plawangan sembalun merupakan bagian dari gunung rinjani yang merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia, secara etmiologi gunung rinjani ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl, pendakian puncak yang menantang dan melelahkan menjadi salah satu tantangan terbesar bagi para pendaki untuk menaklukan gunung rinjani ini, namun meskipun begitu saat anda mencapai puncak gunung rinjani ini maka rasa lelah anda akan terbayar lunas pasalnya di puncak gunung rinjani atau lebih tepatnya di plawangan sembalun ada banyak sekali bunga edelweiss yang hidup di dataran tinggi ini, selain itu pemandangan di plawangan sembalun ini sangat menarik loh guys. Semoga bermanfaat.

Kemauan dan kesadaran yang gigih dari kita untuk membuat Edelweiss tetap menjadi bunga abadi dan tumbuh di alamnya. Biarkan dia disana untuk menyambut para pendaki dengan indahnya. Jaga Edelweiss dari hati.

edelweis

Kamu tidak akan pernah mendapatkan cinta abadi (dari sekuntum bunga abadi), tapi adalah cinta sejati (juga bukan dari sekuntum bunga Edelweiss). Dan kamu justru tidak akan mendapatkan keduanya jika kamu tidak meyakini bahwa yang sedang kamu rasakan.

 

Menikmati Serunya Mendaki Puncak Gunung Merbabu

Pendaki Gunung Tuna Daksa Ini, Lanjutkan Ekspedisi ke Gunung Aconcagua