Tips Aman Pendakian di Malam Hari

foto via Wayne Boland
foto via Wayne Boland

Exploregunung – Untuk sampai puncak gunung dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, bahkan kita harus terus berjalan berhari-hari agar sampai puncak sesuai dengan rencana awal. Tentu saja setiap pendaki mempunyai pilihan sendiri untuk melakukan sebuah pendakian, ada yang memilih untuk mendaki pada siang hari karena mendaki pada siang hari merupakan pendakian yang sangat aman untuk menghindari sesuatu hal yang mungkin akan terjadi dalam sebuah pendakian. Jika kita melakukan pendakian pada siang hari tentu akan sangat mudah untuk mengetahui jalur yang akan kita lalui, apakah berbahaya untuk dilewati atau tidak, dan masih banyak kemudahan lainya.

Namun juga tak sedikit orang yang memilih untuk melakukan pendakian malam hari, karena pendakian malam hari juga memiliki berapa kelebihan dibandingkan dengan pendakian siang hari. Kelebihan tersebut diantaranya adalah untuk menghindari dehidrasi yang diakibatkan oleh panasnya cuaca pada siang hari. Dengan melakukan pendakian malam hari kita akan bisa meminimalisir terjadinya dehidrasi. Selain itu pendakian malam hari juga akan membuat kita tidak merasakan perjalanan dengan begitu fikiran kita tidak hanya tertuju ke puncak saja, kita akan lebih fokus pada pendakian, untuk yang sering phobia melihat tanjakan dengan melakukan pendakian malam hari juga bisa mengurangi rasa takut karena pada malam hari kita tidak akan berada di dalam kegelapan.

Untuk anda yang ingin melakukan pendakian pada malam hari, atau terpaksa harus melakukan pendakian pada malam hari karena suatu hal anda dapat melakukanya dengan beberapa tips mengenai pendakian malam hari untuk menjaga keselamatan anda dalam melakukan sebuah pendakian malam hari. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan.

foto via outdoorgearlab
foto via outdoorgearlab

1. Bawalah senter atau peralatan penerangan lainnya

Untuk melakukan sebuah pendakian malam hari, alat penerangan seperti senter, headlamp atau korek api atau peralatan penerangan lainya menjadi sebuah peralatan yang wajib untuk dibawa mengingat pendakian malam hari sangat gelap. Pastikan peralatan yang anda bawa mampu untuk menerangi perjalan anda sampai waktu yang dibutuhkan untuk sampai puncak, gunakan dengan hemat jangan sampai menggunakan dengan sembarangan karena kita tidak bisa memastikan berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk sampai kepuncak gunung. Selain membawa peralatan penerangan seperti senter dan headlamp bawa juga peralatan cadangan untuk berjaga-jaga jika terjadi masalah dengan peralatan penerangan anda.

  1. Lakukan pendakian dengan berkelompok

Jika anda akan melakukan sebuah pendakian malam hari, pastikan anda untuk melakukan pendakian bersama teman atau kelompok lainya. Pendakian malam hari membutuhkan kerja sama tim yang baik untuk memudahkan kita sampai puncak dengan selamat, pendakian malam seorang diri tentu akan sangat sulit untuk melalui medan kecuali bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman. Terlebih jika anda seorang yang sangat takut mengenai hal-hal ghaib, tempat yang gelap apalagi dihutan belantara tentu akan membuat mental anda down jika melihat atau mendengar sesuatu yang tidak biasa anda jumpai yang akirnya pendakian anda akan kacau dan mungkin akan terjadi sesuatu yang lebih fatal pada diri anda. Mendaki bersama-sama tentu akan memudahkan kita dalam mengambil keputusan jika terjadi suatu halangan.

  1. Pahami jalur yang akan anda lewati

Cari informasi sebanyak mungkin mengenai jalur serta medan yang akan anda lewati pada pendakian malam hari, jika anda belum tahu seluk beluk mengenai jalur yang akan and lalui dalam pendakian malam hari, atau sesorang teman atau kelompok anda tidak ada yang tahu lebih baik urungkan niat anda untuk melakukan pendakian malam hari karena akan sangat berbahaya dan fatal akibatnya. Jika tidak mengetahui medan yang kita lalui, apalagi pndakian malam hari sudah pasti akan sangat gelap, kemungkinan akan salah memilih jalur akan lebih besar. turnkan ego anda, bagamanapun keselamat anda lebih penting dari pada apapun.

  1. Lakukan pendakian dengan santai

Jika kita melakukan pendakian malam hari, nikmatilah perjalan anda, dengan kondisi medan yang gelap berjalan dengan terburu-buru hanya akan membuat kita salah memilih jalur yang akan kita lalui bahkan kemungkinan terjadinya kecelakaan akan lebih besar jika kita terlalu terburu-buru. Lakukan perjalanan anda dengan santai sambil membaca apa yang ada di jalur yang kita lalui untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan.

  1. Simpan peralatan pada ransel seperti yang biasa anda lakukan

Simpan semua peralatan yang dibutuhkan dalam pendakian malam hari pada sebuah ransel sesuai dengan tempat yang biasa anda lakukan. Hal ini untuk memudahkan anda dalam mencari barang tersebut jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Mengingat dalam pendakian malam hari gerak kita sangat terbatas.

Persiapkan pendakian malam hari anda dengan matang untuk menghindari segala resiko yang mungkin akan terjadi. Dengan melakukan sebuah rencana pendakian kita akan lebih mudah untuk mencapai puncak lebih sesuai dengan rencana awal. Selalu waspada dan selamat mencoba.

Artikel Cozmeed Indonesia

Komentar Facebook