Tips Fotografi Landscape – Memotret Saat Mendaki Gunung

Exploregunung.com – Kegiatan fotografi merupakan hal lumrah dilakukan banyak orang ketika berada di gunung. Pemandangan yang indah, tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan yang eksotis merupakan objek fotografi yang paling pas. Bagi fotografer profesional, gunung memberikan berjuta-juta objek fotografi, nuansa alam dan juga warna-warni khas pegunungan. Momen yang paling pas dalam memotret landscape gunung adalah ketika kita sedang berada dalam aktivitas pendakian atau hiking. Dalam perjalanan pendakian tersebut, kita akan menemukan berbagai pemandangan dan juga momen yang sangat bagus jika dipotret. Namun biasanya memotret di sebuah gunung tidaklah semudah yang dibayangkan, karena medan yang menyulitkan kadang membuat hasil foto tidak terlalu bagus ataupun kehilangan momen yang pas. Jadi jika kamu ingin memotret berbagai pemandangan indah di sebuah gunung, berikut tips-tipsnya.

  • Golden Hour
    Umumnya dalam fotografi alam bebas, waktu terbaik untuk mengambil gambar adalah sesaat setelah sunrise atau sebelum sunset, yang merupakan momen-momen paling luar biasa untuk fotografi dan dikenal dengan sebutan ‘golden hour’. Dalam jangka waktu ini, pemandangan akan terlihat sangat keren karena cahaya menyebar dengan sempurna. Namun jika kamu mencoba mengambil foto saat proses pendakian, tentunya kamu juga harus kompromi dengan anggota tim yang lain. Pastikan kamu langsung mengambil foto disaat-saat yang tepat, dan jangan sia-siakan kesempatan jika momen-momen luar biasa itu datang.
  • Pergunakan Fitur Filter ND pada Kamera
    Biasanya sebuah landscape cukup merata dengan cahaya matahari. Namun dalam landscape pegunungan, pada sebuah momen, punggung bukit mempunyai bayangan penuh dan di momen lainnya cahaya matahari akan terlalu fokus pada landscape. Oleh karena itu penggunaan filter ND sangat penting,
  • Tetap Fokus pada Bayangan Yang Tak Wajar
    Saat proses pengambilan foto pada saat pendakian, terkadang cahaya matahari mengeliminasi bayangan gunung didepanmu. Karena hal tersebut bayangan yang timbul dari dekat pohon dan objek lainnya akan terlihat dibagian bawah foto yang kamu ambil. Mengatasi efek bayangan yang tak wajar tersebut sedikit sulit, jadi solusinya kamu bisa merubah lokasi foto menjadi disekitar danau atau samping sungai.
  • Manfaatkan Porter
    Dalam mendaki kita tentunya harus membawa barang-barang, dan tentunya hal itu sangat merepotkan karena kita juga ingin melakukan kegiatan fotografi. Dan solusinya tentunya kamu bisa menggunakan jasa porter untuk membawa barang-barang yang kamu punyai. Bonusnya jika kamu menyewa porter lokal, biasanya porter lokal tersebut mengetahui spot-spot terbaik untuk mengambil sebuah foto.
  • Bawalah Lensa Secukupnya
    Jika kamu bukan seorang fotografer profesional, alangkah baiknya jika kamu membawa lenca secukupnya saja. Karena pada saat pendakian, membawa terlalu banyak lensa akan menjadi beban berat tambahan. Bawalah lensa secukupnya, yang penting hasil foto sudah cukup seperti yang kita inginkan. Untuk pemandangan disekitar gunung, lensa wide sangat cocok dipakai karena objek yang luas akan terlihat dengan sempurna jika memakai jenis lensa ini.
  • Potret Keseluruhan Pemandangan
    Pada fotografi pemandangan alam, sangat penting mengambil keseluruhan pemandangan dengan sempurna. Jadi ketika kamu memotret pemandangan pada saat pendakian, maka pastikan pemandangan tersebut tidak terhalang oleh sebuah pohon. Pohon di gunung bisa menjadi besar dalam sebuah foto, namun kamu bisa mengakalinya dengan memotret menggunakan orientasi vertikal.
  • Persiapkan Memori dan Baterai Cadangan
    Pada saat proses pendakian dan kamu ingin memotret momen-momen luar biasa dari alam, maka pastikan memori dan baterai kameramu tetap penuh. Karena akan sangat tidak lucu, jika momen-momen luar biasa itu datang dan kamera kita tidak bisa digunakan. Siapkan memori dan baterai cadangan jika dibutuhkan, dan jangan pergunakan kamera dengan sembrono jika kamu tidak membawa baterai dan memori tambahan.
  • Lindungi Perlengkapan Kamera
    Agar hasil fotografi selama pendakian bisa dinikmati, maka pastikan perlengkapan kamera dilindungi dengan baik untuk menjaga agar perlengkapan kamera tidak rusak. Kamu bisa menggunakan berbagai tas kamera anti air, dan juga jika hujan tiba amankan tas kamera dengan pelindung hujan. Dan juga agar terhindar dari air hujan, gunakan jas hujan yang lebar, karena jas hujan tersebut dapat melindungi tas kamera dari air hujan.

Komentar Facebook