Tips Hiking dan Camping untuk Pemula

Exploregunung.com – Hiking dan camping dapat menjadi aktivitas paling mengesankan, biasanya dilakukan pada saat musim panas dan orang-orang ingin merasakan berbagai hal menyenangkan selama berada di gunung. Untuk kegiatan outdoor, hiking dan camping merupakan dua aktivitas favorit untuk menikmati alam bebas. Kamu akan sangat dekat dengan alam, tertidur di pintu tenda dibawah redupnya cahaya rembulan dan terbangun dengan suara-suara burung disekitar. Kamu bisa melakukan hiking di gunung dan mendirikan tenda di puncak bukit atau disepanjang sisi sungai. Namun sebelumnya kamu memerlukan beberapa tips dan rekomendasi sebelum melakukan hiking dan camping.

Packing carrier
Packing carrier

Setelah kamu memastikan lokasi mana yang akan dituju, kamu harus membuat to-do-list, mempersiapkan barang-barang apa saja yang akan dibawa dan mengetahui hal-hal yang benar-benar harus dihindari pada saat aktivitas camping dan hiking.

Hal pertama dan merupakan prioritas utama adalah sepatu. Sepatu yang tepat dan nyaman harus dipersiapkan agar perjalanan hiking bisa berjalan dengan sukses. Sesuai dengan lokasi, kamu harus mengetahui jenis sepatu mana yang cocok apakah sepatu yang ringan, medium atau berat. Selain sepatu, kamu juga harus menyediakan kaos kaki untuk menghindari lecet-lecet.

Pilih tas backpack sesuai dengan jumlah hari yang telah direncanakan untuk berada di lingkungan outdoor. Backpack harus diisi dengan barang-barang penting seperti pakaian dalam (bawa baju sintetis jika melakukan hiking dan camping di musim dingin), jas hujan, body lotion, dan ekstra kaos kaki tambahan untuk hiking. Jangan lupa untuk membawa makanan, air dan perlengkapan mandi.

Agar camping bisa berjalan dengan sukses, bawalah tenda yang berkualitas tinggi. Saat memilih tenda, lihat pada ukuran bukan pada warna dan gaya. Pilihlah tenda yang memiliki rainfly. Bawa juga kain khusus tenda, untuk mencegah air masuk kedalam tenda.

Perlengkapan umum yang biasa dibawa saat hiking atau camping adalah botol air, first aid kit, senter, baterai tambahan, korek api gas, dan beberapa tas zip lock. Jika kamu mempunyai rencana untuk memasak di kamp tenda, jangan lupa untuk membawa pisau, sendok, piring, ketel, panci, dan beberapa gelas anti pecah. Bawa juga pembuka botol, selotip, dan tali. Kompas dan signal mirror juga sangat dibutuhkan ketika berada di gunung.

Apakah itu untuk hiking atau camping, kamu memerlukan perencanaan mengenai makanan apa yang mesti dibawa. Rencanakan setiap makan yang akan dibawa, bawa sereal dan bubuk susu untuk sarapan. Hindari membawa daging karena cepat busuk. Bawa makanan kaleng yang tahan lama dan mudah dicerna oleh perut. Saat berbelanja makanan atau minuman, lihat tanggal kadaluarsanya. Membawa ekstra makanan sangat dianjurkan karena pada saat hiking pasti akan selalu merasa lapar karena energi yang terserap. Udara segar dan angin yang dingin akan meningkatkan rasa lapar.

Baca juga: Persiapan Menjelang Pendakian Gunung

Jika camping di sebuah gunung, jangan lupa untuk membawa handuk ringan dan sweater untuk malam hari. Jika kamu melakukan kegiatan pendakian sepanjang hari maka pergunakan penutup kepala untuk menghindari cahaya matahari langsung. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan krim sunscreen pada muka dan anggota tubuh lainnya, udara disekitar gunung dan cahaya matahari akan bisa membuat kulit melepuh. Penggunaan kacamata hitam akan sangat membantu menjaga mata dari terpaan sinar matahari dan debu.

Camping dan hiking merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan, untuk itu sediakaan perlengkapan yang berkualitas. Pastikan persiapan dilakukan beberapa hari sebelum melakukan hiking dan camping tersebut. Hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan hiking dan camping adalah mencari tahu informasi mengenai gunung yang akan disinggahi. Kamu bisa mencari tahu berbagai informasi mengenai gunung yang akan dipakai untuk hiking dan camping lewat internet, majalah, koran dan lain-lain. Informasi-informasi tersebut sangat penting, sebagai bekal sebelum melakukan aktivitas hiking dan camping.

Berbagai hal menarik bisa kamu lakukan saat hiking dan camping, namun selalu ingat bahwa keamanan adalah segalanya. Jangan memaksakan untuk hiking atau camping jika kondisi tubuh sedang tidak fit atau kondisi gunung yang tidak bersahabat. Jadi ingat-ingat tips diatas dan selamat bersenang-senang!

Komentar Facebook