Bingung Mencari Sepatu Gunung? Ini Tips tips-nya

Exploregunung – Indonesia memiliki jajaran gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Terdapat ratusan gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Hal inilah yang menantang banyak orang ingin menggapai puncak – puncak gunung di Indonesia, mereka ingin merasakan sensasinya dan menikmati keindahan alam dari atas gunung.

Menjadi seorang pendaki gunung tidaklah mudah karena harus memiliki mental dan fisik yang kuat serta harus mampu bertahan hidup. Belakangan ini, mendaki gunung merupakan kegiatan alam yang mulai banyak digemari orang. Mendaki gunung memang memberikan pengalaman tersendiri bagi yang pernah mendaki.

Selain harus memiliki mental dan fisik yang kuat, dalam mendaki gunung harus memiliki alat-alat khusus untuk mendaki gunung, seperti carier atau tas gunung, perlengkapan keamanan dan sepatu gunung. Dalam memilih sepatu gunung pun harus tepat karena medan yang akan dilalui pasti akan sangat berat. Sepatu gunung tidak boleh asal pilih begitu saja, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti bahan sepatu, jenis sepatu, sol sepatu dan lain sebagainya.

Sepatu gunung yang baik dan bagus adalah sepatu dengan bahan yang tebal dan tidak mudah sobek, sol yang kuat dan jenis sepatu sesuai dengan medan yang akan dilalui. Sepatu tersebut harus dapat melindungi kaki agar tidak cedera saat pendakian. Kali ini akan dibahas mengenai memilih sepatu gunung yang baik, diantaranya :

  1. Dari Segi Bahan
    Bahan menjadi hal yang sangat penting dalam suatu produk. Yang paling utama adalah bahan tersebut harus nyaman dikenakan. Bahan sepatu gunung yang baik adalah terbuat dari kulit sintetis. Keuntungan bahan sepatu dari kulit sintetis adalah kuat dan memiliki sirkulasi yang baik bagi kaki. Namun terdapat kekurangannya juga, yaitu mudah pecah-pecah jika perawatan sepatunya salah. Sebaiknya hindari bahan sepatu gunung dari kanvas dan karet karena cepat sobek dan tidak melindungi kaki. Selain bahan sepatu yang terbuat dari kulit sintetis, sepatu gunung harus bersifat anti air atau waterproof, tahan goncangan dan tidak pengap. Sepatu gunung pun harus dilengkapi bantalan pada bagian dalam, yaitu dibagian leher sepatu agar nyaman digunakan dan berguna untuk melindungi pergelangan kaki.
  1. Sol Sepatu
    Memilih sepatu gunung berikutnya yang menjadi perhatian penting adalah sol sepatu. Pilihlah sepatu gunung dengan punggung yang lebih tinggi agar dapat menancap dengan baik dipermukaan tanah. Sebaiknya pilih sepatu gunung dengan bagian tumit yang besar, lentur serta kuat, dimana terbuat dari karet ataupun sintetis. Selain itu, Pilihlah jahitan sepatu yang jahitannya kuat dan mengikuti bentuk kaki. Hal tersebut akan memberikan rasa nyaman pada kaki.
  1. Jenis Sepatu
    Ada beberapa jenis sepatu gunung yang banyak digunakan, yaitu sepatu yang berleher pendek, berleher sedang dan berleher tinggi. Untuk sepatu gunung berleher pendek tidak melindungi mata kaki, sehingga terkadang menyebabkan lecet. Jenis sepatu ini biasa digunakan untuk mendaki gunung dengan medan yang ringan atau sekedar olah raga outdoor. Sepatu gunung berleher sedang artinya melindungi mata kaki namun tidak keseluruhan. Apabila sepatu ini digunakan untuk mendaki gunung dengan medan terjal dan berat, maka akan menyebabkan kaki cedera dan lecet. Jenis sepatu gunung yang terakhir adalah sepatu berleher tinggi. Jenis sepatu ini sangat direkomendasikan bagi pendaki gunung karena melindungi mata kaki secara keseluruhan dan tidak akan menyebabkan lecaet atau cedera. Sepatu gunung berleher tinggi biasa digunakan untuk mendaki gunung dengan medan yang terjal dan berat.
  1. Dari Segi Ukuran
    Dianjurkan dalam memilih sepatu gunung, sebaiknya pilih ukuran sepatu yang lebih besar agar tidak merasa sempit ketika digunakan dan akan memberi kelonggaran. Sepatu gunung merupakan salah satu barang yang wajib diperhatikan untuk kenyamanan dan keselamatan kaki. Selain itu, penggunaan kaos kaki pun juga penting. Sebaiknya gunakan kaos kaki dari bahan wool karena nyaman digunakan dan tebal yang membuat kaki menjadi hangat serta menyerap keringat.

  • Cara merawat sepatu gunung

Kegiatan mendaki gunung tidak jauh dari basah dan untuk merawat sepatu gunung agar cepat kering, ada caranya tersendiri. Cara merawat sepatu gunung yang basah tidak boleh asal karena akan menyebabkan sepatu mudah rusak. Caranya adalah dengan membiarkan sepatu berada di tempat yang teduh dan biarkan angin mengeringkan sepatunya. Jangan sekali-sekali menjemur sepatu langsung dibawah sinar matahari karena akan membuat sepatu menjadi keras dan kaku yang pada akhirnya mengurangi rasa nyaman. Selain itu, hindari menyimpan kaos kaki didalam sepatu karena tidak baik untuk sirkulasi udara dan membuat sepatu menjadi pengap.

Demikian beberapa tips memilih sepatu gunung yang dapat dijadikan referensi serta sedikit ulasan cara merawat sepatu gunung yang basah. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi yang ingin mendaki gunung.

src
jelajahgunung.com
bhinneka.com

Komentar Facebook