Bingung Mencari Tenda? Ini Tips tips-nya

Exploregunung – Tenda adalah salah satu peralatan yang wajib dibawa saat seseorang akan melakukan kegiatan berkemping atau mendaki gunung. Tenda dipergunakan untuk tempat beristirahat di malam hari dan juga sebagai tempat berlindung saat cuaca sedang buruk. Hal inilah yang akhirnya menuntut para penggiat alam bebas harus memiliki kecermatan dan pengetahuan dasar mengenai beragam tenda yang tersedia di pasaran. Pentingnya tenda membuat para pendaki tidak boleh salah pilih karena disamping harganya yang bervariatif memilih tenda gunung juga harus mengetahui sebenarnya apa yang kita butuhkan. Karena banyak sekali para pendaki melihat dari segi popularitas dan brand yang akhirnya mereka kecewa kemudian memilih untuk membeli tenda yang lain. Karena itu kami ingin sekali membagikan beberapa tips yang mungkin berguna bagi teman – teman para penggiat alam agar tidak terjadi pembelian yang tidak sesuai kebutuhan dan pemborosan.

Berikut beberapa tips memilih tenda camping yang bisa dijadikan panduan :

  1. Kapasitas Tenda
    Tips memilih tenda camping yang pertama adalah memilih tenda yang sesuai dengan kebutuhan atau dalam hal ini kapasitas. Sebuah tenda bisa menampung dua, empat hingga enam orang dan setiap orang pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal ini. Pada umumnya, tenda yang dipergunakan adalah tenda yang mampu menampung dua orang, namun sekali lagi hal ini bisa berbeda antara satu pengguna dengan yang lainnya. Kapasitas tenda itu sendiri juga akan mempengaruhi berat keseluruhan. Semakin besar kapasitas tenda maka akan semakin berat pula tenda tersebut. Buat Anda yang akan membutuhkan tenda untuk dua orang, maka tidak perlu untuk membawa tenda dengan kapasitas lebih dari itu karena sangat tidak efektif.
  1. Bahan Tenda
    Selain melihat kapasitas tenda sesuai dengan kebutuhan yang ada, tips memilih tenda camping yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan bahan tenda itu sendiri. Jenis bahan tenda yang paling baik adalah bahan nilon karena memiliki kemampuan lebih baik dalam menahan udara dingin dan air hujan. Namun saat ini dapat ditemukan jenis tenda yang terbuat dari dua buah bahan yaitu bahan nilon di bagian luar dan bahan katun di bagian dalam. Tenda seperti ini juga bisa menjadi pilihan, namun para penggunanya harus berhati-hati agar tidak membasahi bagian tenda yang terbuat dari katun karena akan meningkatkan kelembapan didalam tenda. Bisa dikatakan bahwa bahan nilon masih merupakan bahan terbaik untuk sebuah tenda.
  1. Pemilihan Cover / Flysheet
    Disarankan juga untuk menambahkan flysheet tenda pada tenda yang dibeli. Flysheet itu sendiri merupakan sebuah lembaran anti air yang dipasang pada bagian luar tenda. Fungsi utama dari flysheet ini sendiri adalah untuk menahan air hujan dan juga panas matahari agar tidak langsung mengenai tenda. Bahan terbaik yang digunakan saat ini berbahan Polyester.

Perhatikan juga cara saat melakukan pemasangan. Pemasangan flysheet yang tepat adalah dengan memastikan ada jarak yang cukup antara flysheet dengan tenda untuk memastikan agar kondisi didalam tenda tetap nyaman dalam arti tidak terlalu panas ataupun lembab. Tips memilih tenda camping ini haruslah diperhatikan terutama bila tenda tersebut akan dipergunakan di daerah pegunungan yang tinggi.

  1. Pemilihan Alas Tenda
    Selain semua hal tersebut, ada beberapa hal lain yang masuk dalam tips memilih tenda camping. Para pembeli tenda perlu memperhatikan alas tenda yang dipergunakan. Pilihan alas tenda yang terbaik bukanlah terpal seperti dugaan banyak orang melainkan bahan ultralight sejenis nilon yang lebih mampu menahan rembesan air.

  1. Pemilihan Frame Tenda
    Dalam memilih Tenda perhatikan pula jenis frame yang dipergunakan. Bila memungkinkan, pilihlah frame yang terbuat dari aluminium dan bukannya fiberglass, karena aluminum merupakan bahan yang jauh lebih kuat, awet dan ringan. Frame yang berbahan Fiberglass sangat rentan pecah jika terkena hembusan angin kencang dan salah pemasangan. Saat ini sudah sangat banyak toko – toko outdoor yang menjual frame aluminium, jadi bisa langsung mengganti frame bila tenda yang kita inginkan berbahan frame fiberglass.

Frame Alumunium : Satu hal lagi, pastikan bahwa jahitan tenda tersebut cukup kuat dan sudah didobel, yang membuatnya lebih kuat dan lebih awet untuk dipergunakan dalam jangka panjang. Dengan memilih tenda yang tepat, maka pengalaman camping akan jauh lebih menyenangkan tanpa adanya masalah yang berarti. Perhatikan juga list jahitan disambungan pada Flysheet, pastikan list tersebut kuat agar air hujan tidak merembes masuk.

  1. Perhatikan Jahitan Tenda
  1. Ketinggian Tenda
    Untuk penggunaan tenda di daerah yang tinggi dan juga memiliki tiupan angin yang kencang, sebaiknya pilihlah tenda dengan tinggi maksimal satu meter. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi agar tenda tidak roboh saat terkena tiupan angin kencang. Tips memilih tenda camping yang selanjutnya adalah memilih bentuk tenda yang tepat. Beberapa buah tenda memiliki bagian yang terbuka baik pada bagian dinding atau bagian atas. Untuk penggunaan tenda di tempat terbuka dan berada di ketinggian tinggi, hindari tenda yang memiliki bukaan pada bagian atas karena bukaan ini justru akan menjadi pintu masuk bagi angin dan air. Untuk daerah tropis seperti di tanah air, bentuk tenda yang disarankan adalah tenda dengan bentuk dome dan juga bentuk tunnel (terowongan).

Rekomendasi Tenda Menurut Explore Gunung
Kami coba merekomendasikan tenda yang cocok digunakan di pegunungan Indonesia yang rata – rata memiliki curah hujan yang tinggi, cuaca disiang hari yang panas, dan jenis daratan pegunungan hutan tropis.

  • Tenda Regu Kapasitas 3 – 5 orang
  • Tenda Consina Magnum 4
  • Tenda Lafuma Summertime 3/4

Tenda Solo Ringan Ultralight

  • Merapi Mountain Milky Way 2
  • Consina Trail Light 2P
  • Eiger Strom 1
  • Triton Solo 1
  • Vaude Hogan Argon

Untuk sementara kami rekomendasikan tenda diatas, kalau teman – teman punya rekomendasi lain ditunggu komentarnya. Semoga menemukan tenda sesuai keinginannya, dan nyaman dengan tendanya, Salam Lestari 😀

src
jelajahgunung.com
myshareimages.com

Komentar Facebook