Tips Mengatasi Rasa Lelah Saat Mendaki Gunung

foto via @hey_journeys
foto via @hey_journeys
Exploregunung – Mendaki gunung kini memang telah menjadi tren para remaja pecinta alam saat ini. Mereka selalu mencari referensi tempat untuk bisa di jadikan sasaran pendakian gunung. Tak bisa di pungkiri lagi, rasa lelah pasti selalu hingga pada siapa saja saat mereka mendaki gunung. Seorang pendaki pasti pernah merasakan letih saat mereka mendaki gunung.

Pada saat berada di gunung jangan sampai kelaparan dan dehidrasi untuk itu selalu bawa makanan yang bisa menambah cepat tenaga kita misalkan saja madu. Jangan sampai anda menyerah di tengah perjalanan saat mendaki gunung. Namun banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyiasati rasa lelah yang muncul tersebut. Berikut ini beberapa tips bagi anda untuk mengatasi rasa lelah saat mendaki gunung yaitu:

  • Sebelum dan sesudah anda mendaki anda harus melakukan olahraga.
    Olahraga mampu memulihkan otot dengan cepat dan mencegah terjadinya keram. Jika anda langsung melakukan pendakian tanpa berolahraga sebelumnya bisa jadi anda akan merasakan pegal-pegal, badan terasa kaku dan juga keram. Jadi alangkah baiknya bagi anda untuk melakukan pemanasan dulu sebelum anda mendaki gunung. Dan anda juga bisa mempersiapkan diri dengan berolahraga jauh-jauh hari sebelum anda melakukan pendakian.
  • Istirahat sejenak
    Ketika anda merasa lelah saat mendaki gunung, anda dapat beristirahat sejenak.
    Saat rasa lelah mendera segeralah mencari tempat yang datar untuk beristirahat. Duduklah kemudian selonjorkanlah kaki anda. Aturlah nafas anda agar tidak ngos-ngosan dan kembali nomal. Jika sudah merasa mendingan anda dapat melanjutkan untuk melakukan pendakian gunung.
  • Minum secukupnya
    Saat anda sudah merasa lelah ataupun letih segeralah untuk minum secukupnya. Minum air putih selama anda mendaki gunung sangatlah wajib, guna penghilang rasa dahaga saat mendaki. Cara yang tepat minumlah 2 hingga 3 teguk air putih. Setidaknya minum air putih dapat membasahi tenggorokan anda. Ingatlah bahwa saat mendaki persediaan air minum anda pasti terbatas.
  • Lindungilah kulit anda dari sinar ultraviolet.
    Walaupun udara di pegunungan tergolong sejuk dan dingin, namun jangan sampai kulit anda terkena sinar matahari secara langsung. Karena jika anda terkena sinar matahari secara langsung bisa jadi kulit anda merasa seperti terbakar dan juga perih. Selalu gunakan jaket dan juga celana panjang agar terlindungi dari sinar matahari. Pakailah juga masker untuk melindungi bibir anda agar tidak kering dan juga pecah-pecah.
  • Membawa barang secukupnya
    Saat anda melakukan pendakian, bawalah barang secukupnya agar anda tidak mudah merasa lelah hanya karena beban barang bawaan anda. Mendaki tanpa membawa beban saja rasanya sudah merasa ngos-ngosan pastinya apalagi jika di tambah dengan beban barang bawaan yang berat, itu hanya akan membuat anda semakin lelah. Bawalah barang yang penting-penting aja seperti halnya persediaan makanan dan juga minuman. Sudah pasti barang ini yang sangat anda butuhkan saat anda merasa lelah.
  • Jarak bukanlah masalah
    Mengatasi rasa lelah saat mendaki gunung, jangan pernah anda memikirkan jarak. Banyak juga pendaki yang terburu-buru untuk dapat sampai di puncak pendakian. Dari awal mendaki anda tidak perlu memikirkan berapa lama waktu anda untuk dapat sampai kepuncak. Nikmatilah suasana sekitar saat pendakian, niscaya perjalanan anda akan terasa cepat.
  • Bukalah tenda jika anda memerlukannya.
    Jika anda sudah benar-benar merasa lelah saat mendaki gunung, jangan paksakan untuk mendaki. Bicaralah ke teman-teman anda untuk membukakan anda tenda. Kemampuan setiap pendaki memang berbeda. Sampai ke puncak gunung memang sangat membanggakan tetapi jangan sampai membahayakan kesehatan anda.
  • Konsumsi makanan secukupnya
    Konsumsilah makanan yang mampu mengembalikan tenaga anda. Misalkan saja pisang dan juga gula merah ini dipercaya mampu mengembalikan tenaga anda yang telah terkuras saat anda mendaki.
  • Hindari pendakian solo
    Jika anda merasa lelah saat mendaki gunung, jangan pernah anda memutuskan untuk beristirahat sendirian. Apabila anda sudah merasa lelah ajaklah kurang lebih satu orang untuk menemani anda beristirahat. Jangan sampai anda tertinggal dibelakang sendirian dan menyusul mereka seorang diri. Itu hanya akan membuat anda terpisah dari rombongan anda.
  • Mie Instan? No!
    Jika anda sedang mendaki gunung hindarilah untuk anda makan mie instan. Karena mie instan hanya akan membuat anda cepat merasakan lelah dan tidak bisa memulihkan tenaga anda. Mie instan hanya akan menyebabkan kita cepat merasa haus dan juga mie instan dapat menghambat penyerapan nutrisi yang ada dalam tubuh.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa lelah saat anda mendaki gunung. Semoga dapat memperlancar acara anda saat pendakian gunung. Dan anda bisa mencapai puncak gunung yang anda tuju dengan selamat. Jangan lupa sebelum anda melakukan pendakian gunung berdoalah terlebih dahulu, agar anda selalu terjaga.

Baca juga: Sebelum mendaki Gunung, Lakukan Olahraga Sederhana Ini!

Merasa lelah saat mendaki gunung sudah pasti menjadi hal yang biasa bagi para pendaki. Namun kini ada beberapa cara yang bias anda terapkan untuk mengatasi hal tersebut.

Komentar Facebook