Tips Pengemasan Barang Packing Carrier

pengemasan-barang

Exploregunung – Pengemasan barang atau packing ransel (carrier) saat mendaki gunung maupun kegiatan out bond lainnya sangat diperlukan sehingga barang-barang yang kita bawa dapat kita bawa dengan ringkas, efisien, rapi.

Packing merupakan cara atau teknik menyusun perlengkapan dalam ransel (carrier). Dengan packing (pengemasan) yang baik ransel akan mampu memuat peralatan dengan efisien namun tetap terasa nyaman dikenakan saat perjalanan.

 

Bagi para penggiat kegiatan alam bebas (pecinta alam) packing telah dianggap sebagai salah satu ‘seni’ tersendiri. Sehingga teknik menyusun barang dalam ransel ini sangat tergantung pada keahlian dan kebiasaan masing-masing.

Prinsip-prinsip packing carrier yang harus diperhatikan antara lain:

  • Masukkan matras dalam ransel.
    Sebagian orang memang lebih menyukai menempatkan matras tidur di luar carrier (ransel). Namun dengan meletakkan matras melingkar di dalam carrier bentuk ransel akan lebih tegak dan lebih mudah saat melakukan packing (meyusun) ataupun mengambil barang dari dalam ransel.
  • Letakkan barang terberat di paling atas (punggung).
    Dengan meletakkan barang-barang yang berat di bagian atas, beban terberat ransel akan jatuh di punggung. Jika tidak, berat badan akan membebani pinggul sehingga kaki kurang bebas bergerak dan cepat merasa lelah.
  • Berat seimbang antara kiri dan kanan.
    Saat melakukan packing, letakkan barang sehingga beban antara bagian kiri dan kanan ransel seimbang. Beban yang tidak seimbang akan mengganggu keseimbangan tubuh apalagi mengingat jalur pendakian yang biasanya melalui medan-medan yang sulit.
  • Maksimalkan ruang-ruang yang ada.
    Barang-barang yang berlubang bagian dalamnya seperti nasting (panci serba guna) jangan dibiarkan kosong tetapi isilah dengan barang-barang lain semisal beras, telur dll.
  • Urutkan barang sesuai waktu penggunaanya.
    Barang-barang yang akan segera dipakai letakkan dibagian atas saat packing. Dan sebaliknya, barang yang kemungkinan dipakai belakangan dibagian bawah.
  • Pisah barang yang sewaktu-waktu diperlukan.
    Ponco (jas hujan), P3k dan obat-obatan adalah barang yang sewaktu-waktu diperlukan dalam perjalanan. Saat melakukan packing barang-barang ini dapat diletakkan di bagian atas ransel atau pada kantong-kantong di luar ransel sehingga saat membutuhkan dapat mengambilnya dengan cepat.
  • Masukkan barang mudah basah ke kantong plastik.
    Sebelum di packing dalam ransel kelompokkan dan masukkan barang-barang ke dalam kantong plastik yang tidak tembus air, terutama pakaian tidur atau pakaian cadangan, kertas kertas, buku, dll.
  • Lindungi barang yang mudah pecah.
    Benda mudah pecah seperti telur sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah yang kuat. dan seperti kamera bisa ditempatkan di tempat paling aman.
  • Hindari menggantung barang di luar ransel.
    Matras ataupun benda lainnya sebaiknya jangan diletakkan di luar ransel. Menggantungkan benda di luar ransel selain kurang rapi juga beresiko tersangkut semak atau sejenisnya sehingga akan mengganggu perjalanan.
  • Bawalah tas tambahan.
    Bila memungkinkan bawalah tas tambahan semisal tas kecil yang bisa dikenakan di paha. Tas ini bisa untuk mewadahi barang-barang yang sering dikeluarmasukkan semacam kamera saku, obat-obatan, HP, dll.
  • Bawalah perlengkapan secukupnya.
    Membawa barang bawaan yang berat dan tidak terlalu penting akan menyulitkan kamu untuk mendaki gunung dan memupuskan harapan untuk dapat mencapai puncak gunung. jadi bawalah perlengkapan secukupnya sehingga tidak membebani tubuh.

Inilah beberapa prinsip-prinsip dan tips dari exploregunung, semua tergantung seni pendaki gunung dalam mengemas packingan ransel, karena itu, packing ransel atau carrier akan sangat tergantung pada selera dan keahlian masing-masing. Namun prinsip utama dari packing adalah menyusun barang dengan efisien, rapi tanpa harus merepotkan selama perjalanan.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kalian untuk mengemas ransel (carrier), semua tergantung seni kalian! Selamat mendaki dan Salam Lestari. 🙂

Baca juga : 

Checklist perlengkapan dan peralatan mendaki gunung
Mendaki dengan perlengkapan secukupnya
Daftar obat-obatan yang dibawa saat mendaki

Komentar Facebook