Video: Fenomena, Penyebab, Penanganan Hipotermia

Exploregunung – Salah satu masalah yang kadang terjadi di gunung hutan pada saat musim hujan seperti sekarang ini adalah hipotermia. Apalagi Indonesia adalah negara beriklim tropis sehingga menjadikan gunung hutan itu lembab dan bersuhu dingin. Maka diperlukan berbagai langkah dan upaya untuk menghindari terjadinya hipotermia apabila kita mau melakukan pendakian di gunung hutan.

Tanpa dilandasi pemahaman yang baik, kondisi seorang pendaki yang terkena sergapan hipotermia mulai stadium ringan hingga berat memang terkadang sulit diketahui. Tak jarang, dalam kondisi si pendaki “sadar tapi sebetulnya masih hidup” dianggap seperti kerasukan mahluk halus atau kesurupan.

Mau tahu apa saja penyebab terjadinya hipotermia pada saat kita berada di gunung hutan?
Untuk mengetahuinya lebih lanjut, dr. Ratih C. Sari, MH. Kes akan menjelaskannya di EIGER FIT Let’s check it out!

FENOMENA RASA PANAS PADA HIPOTERMIA. Paradoksikal undressing adalah suatu fenomena rasa panas yang dirasakan oleh penderita hipotermia sampai membuka baju. Korban hipotermia yang tidak terselamatkan nyawanya biasa ditemukan dalam keadaan tidak berpakaian akibat fenomena paradoksikal undressing.

Mau tau lebih lanjut mengenai fenomena ini? Untuk itu, dr. Ratih C. Sari, MH. Kes akan menjelaskannya berikut.. Let’s check it out!



PENANGANAN HIPOTERMIA. 
Gunung Hutan memiliki karakteristik yang dingin dan lembab sehingga hipotermia menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan.

Mau tau lebih lanjut mengenai penanganan korban yang mengalami hipotermia? dr. Ratih C. Sari, MH. Kes akan menjelaskannya lebih lanjut.. Let’s check it out!



Video dari Eiger Youtube Channel!

 

Baca Juga :
Cara Mencegah dan Mengatasi Hipotermia di Gunung
Video: Penggunaan Ransel Carrier yang Benar

Komentar Facebook